Selain Kurang Serat, Ini 6 Penyebab Terjadinya Sembelit!

Selain Kurang Serat, Ini 6 Penyebab Terjadinya Sembelit!

Selain Kurang Serat, Ini 6 Penyebab Terjadinya Sembelit!--

RADARUTARA.ID - Sembelit atau susah buang air besar merupakan masalah kesehatan umum yang pernah dirasakan oleh banyak orang. Sebenarnya penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Tetapi, pola makan yang tidak sehat, seperti kerap mengkonsumsi makanan yang minim gizi dan kurang asupan serat dipercaya menjadi penyebab Sembelit yang paling sering dirasakan.

Bukan hanya kurang serat, masih ada beberapa faktor lain yang dapat menjadi penyebab sembelit, simak selengkapnya dibawah ini supaya kamu bisa mencegah sembelit.

1. Gaya Hidup Tidak Sehat

Bukan hanya kurang serat, kurang minum juga bisa menjadi pemicu terjadinya sembelit. Perubahan pola makan, contohnya seperti diet atau terlalu banyak mengkonsumsi produk olahan susu juga akan menyebabkan susah buang air besar.

BACA JUGA:5 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan saat Sembelit Menyerang

2. Kehamilan

Sembelit juga termasuk masalah kesehatan yang kerap dialami oleh ibu hamil. Sekitar 40 persen wanita hamil merasakan sembelit selama masa kehamilan, khususnya pada masa awal kehamilan. Ini lantaran selama kehamilan, tubuh wanita memproduksi lebih banyak hormon progesteron yang efeknya akan mengendurkan otot, sehingga mempersulit otot usus untuk berkontraksi. Sehingga, ibu hamil menjadi susah buang air besar.

3. Suka Menunda Buang Air Besar

Banyak orang dewasa maupun anak-anak yang kerap menunda buang air besar, entah karena malu ataupun tak sempat. Tetapi, jika menunda-nunda buang air besar saat ada desakan untuk melakukannya, malah akan menyebabkan sembelit. Maka sebaiknya segeralah menjawab panggilan alam yang satu ini.

BACA JUGA:Resmi Tersangka, Oknum Guru Pelaku Cabul 24 Siswi di MSS Terancam Dipecat Sebagai PNS

4. Efek Samping Obat-Obatan

Obat-obatan tersebut, contohnya seperti suplemen kalsium, suplemen zat besi, obat untuk epilepsi, obat-obatan diuretik, antidepresan, antipsikotik, hingga obat pereda nyeri golongan narkotik, seperti kodein dan morfin. Bahkan, obat untuk mengatasi gangguan pencernaan, contohnya antidiare dan konsumsi obat laksatif juga akan menyebabkan konstipasi.

5. Mengidap Penyakit Tertentu

Walaupun jarang terjadi, namun sembelit juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit tertentu, contohnya diabetes, sindrom iritasi usus besar, radang usus, kanker usus besar atau dubur, hiperkalemia atau kelebihan kalsium dalam darah, kelenjar tiroid yang kurang aktif, hingga kelainan saraf, contohnya pada multiple sclerosis, penyakit Parkinson, dan stroke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: