Atasi Sembelit dengan Mengkonsumsi 6 Makanan Ini Secara Rutin

Atasi Sembelit dengan Mengkonsumsi 6 Makanan Ini Secara Rutin

Atasi Sembelit dengan Mengkonsumsi 6 Makanan Ini--

RADARUTARA.ID- Kalau kamu mengalami sulit BAB, jangan terburu-buru mengonsumsi obat pencahar untuk mengobatinya. Faktanya, beberapa orang yang mengalami konstipasi ringan tidak membutuhkan obat-obatan. Sebagai pengobatan alami, kamu dapat memperbanyak mengkonsumsi makanan pelancar BAB yang kaya akan serat.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan tinggi serat yang efektif untuk mengobati sembelit:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, kubis, dan brokoli, adalah makanan tinggi serat yang baik untuk kamu konsumsi ketika sembelit. Kandungan serat di dalam sayuran hijau bisa menambah volume dan melunakkan tinja, sehingga tinja lebih gampang dikeluarkan dari usus.

BACA JUGA:7 Jenis Susu Sapi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

2. Buah apel

Dalam Apel mengandung serat larut air yang disebut dengan pektin. Saat mencapai usus, pektin dalam apel langsung diolah menjadi asam lemak yang bisa menarik air ke usus besar untuk melunakkan tinja. Bahkan, pektin juga bisa meningkatkan gerakan usus sehingga bisa mempercepat pengeluaran tinja.

3. Buah kiwi

Studi mengatakan bahwa mengonsumsi dua buah kiwi setiap hari selama 2 minggu bisa menghasilkan pergerakan usus yang lebih cepat dan membuat tinja jadi lunak. Hal ini karena adanya kandungan serat dan enzim aktinidin dalam kiwi yang bermanfaat untuk melunakkan tinja serta meningkatkan gerakan usus.

BACA JUGA:Resep Kojek Bumbu Kacang ala Jajanan di Sport Centre Bengkulu

4. Roti gandum utuh

Kalau kamu suka makan roti, cobalah ganti roti mu dengan roti gandum utuh. Roti ini mengandung lebih banyak serat dan karbohidrat kompleks sehingga bisa memperlancar pencernaan dan melunakkan tinja. Kalau kamu membeli roti kemasan, pastikan untuk memilih roti yang berlabel 100% gandum utuh.

5. Ubi jalar

Sama seperti apel, ubi jalar juga mengandung pektin. Bahkan, ubi jalar mengandung banyak serat tidak larut dalam bentuk selulosa dan lignin. Kedua jenis serat ini bisa membantu pergerakan usus dengan menambah volume tinja sehingga bermanfaat untuk memperlancar BAB bagi penderita sembelit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: