5 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan saat Sembelit Menyerang

5 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan saat Sembelit Menyerang

5 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan saat Sembelit Menyerang--

RADARUTARA.ID - Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi saat seseorang mengalami keluhan susah buang air besar (BAB). Kondisi ini bisa terjadi akibat adanya penurunan aktivitas usus. Adapun penurunan aktivitas usus tersebut bisa terjadi akibat beberapa faktor pemicunya. Seperti pola makan yang salah, gaya hidup yang tidak sehat, mengkonsumsi obat atau kondisi medis tertentu. 

Sedangkan, gejala awal yang paling umum terjadi dari sembelit yaitu BAB yang tidak tidak teratur, dengan frekuensi kurang dari 3 kali seminggu. Namun, berita baiknya, ada banyak upaya untuk mengatasi sembelit dengan beberapa cara yang sederhana, diantaranya:

1. Banyak Minum Air Putih

Cara untuk mengatasi sembelit yang pertama yaitu bisa di lakukan dengan cara banyak meminum air putih. Kamu juga boleh mengkonsumsi minuman bersoda untuk mengatasi sembelit.  Pasalnya, minuman bersoda bisa mengatasi sembelit dengan cara meningkatkan sistem kerja pencernaan. 

Meski demikian, masih saja membutuhkan penelitian lebih lanjut agar membuktikan hal tersebut.

BACA JUGA:Begini Cara Merebus Jengkol ala Warga Bengkulu Agar Empuk dan Enak

2. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Serat bisa meningkatkan jumlah dan konsistensi tinja dengan cara menyerap air dari makanan. Serat juga mampu melembutkan tekstur tinja, sehingga lebih gampang untuk dikeluarkan. 

Disarankan untuk mengkonsumsi serat larut yang tidak bisa difermentasi. Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung serat larut diantaranya ada Gandum, Barlet, Kacang-kacangan, Biji-bijian, Lentil dan Kacang polong.

3. Olahraga Ringan untuk Atasi Sembelit

Jangan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Alih-alih membaik, gejala bisa memburuk sesudah beraktivitas. 

Berikut ini ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan diantaranya, Berjalan kaki, Berenang dan Bersepeda santai.

BACA JUGA:Resmi Tersangka, Oknum Guru Pelaku Cabul 24 Siswi di MSS Terancam Dipecat Sebagai PNS

4. Konsumsi Minuman Berkafein

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: