Ketahui Ini Perbedaan Wasir dan Ambeien, Lengkap dengan Gejala yang Dialami

Ketahui Ini Perbedaan Wasir dan Ambeien, Lengkap dengan Gejala yang Dialami

Apakah Benar Ambeien Cuma Bisa Disembuhkan dengan Operasi?--

RADARUTARA.ID - Perbedaan wasir dan ambeien ini mungkin sering menjadi pertanyaan bagi banyak orang. Tetapi sebenarnya wasir dan ambeien adalah jenis penyakit yang sama tetapi mempunyai nama yang berbeda.

Menurut istilah medis, wasir atau ambeien ini disebut dengan hemorrhoids.

Hemorrhoids merupakan kondisi di mana terjadinya pembengkakan di pembuluh darah di bagian anus dan rektum yang mirip dengan varises.

Wasir atau ambeien ini bisa berkembang di bawah kulit di daerah sekitaran anus. Wasir dapat terjadi seiring dengan bertambahnya usia terlebih di usia di atas 50 tahun. 

BACA JUGA:KUR BSI Kembali Dibuka, Limit Pinjaman Bisa Sampai Rp500 Juta

Kondisi ini kerap membuat orang menjadi tidak nyaman saat duduk, berdiri ataupun ketika berjalan. Ada beberapa kondisi yang akan menyebabkan wasir seperti berikut ini.

- Sembelit atau diare

- Kehamilan dan persalinan

- Mengangkat barang berat

- Mengejan ketika buang air besar

Setiap orang pasti mampunyai gejala wasir yang berbeda-beda, tetapi ada beberapa gejala umum yang mungkin saja terjadi untuk orang yang mengalami wasir. Wasir dibagi menjadi 3 jenis yaitu wasir luar, wasir dalam dan wasir trombosis.

BACA JUGA:2024 Pinjam KUR Tak Pakai Jaminan Lagi dan Ini Daftar Terbaru

Jika kamu mengalami wasir luar, maka akan merasakan gatal pada anus, ada gumpalan daging di anus, sakit ketika duduk, pendarahan di lubang anus ketika buang air besar. 

Wasir dalam atau wasir internal berada di dalam rektum. Kamu tidak akan bisa melihat dan merasakan wasir ini tetapi sering kali membuat tidak nyaman. Wasir dalam ini bisa diketahui jika terjadi pendarahan tanpa rasa sakit ketika buang air besar, merasakan rasa sakit ketika mengejan yang diakibatkan adanya iritasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: