Dukung Ketahanan Pangan, Kodim Bengkulu Utara Siapkan 200 Hektar Lahan Pertanian

Dukung Ketahanan Pangan, Kodim Bengkulu Utara Siapkan 200 Hektar Lahan Pertanian

Dukung Ketahanan Pangan, Kodim Bengkulu Utara Siapkan 200 Hektar Lahan Pertanian --

RADARUTARA.ID- Dalam rangka mendukung terwujudnya ketahanan pangan Nasional. Komando Distrik Militer (Kodim) 0423 Bengkulu Utara telah menargetkan lahan seluas 200 hektar yang diperuntukan sebagai lahan pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan.

Dandim 0423 Bengkulu Utara, Letkol Kav Aidil Hajri, M. Han mengatakan lahan-lahan yang dipersiapkan untuk mendukung ketahanan pangan ini merupakan pemanfaatan lahan tidur yang sebelumnya di dapat melalui kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat yang ada di Bengkulu Utara. Lokasinya juga tersebar di setiap wilayah Koramil-Koramil di Bengkulu Utara.

"Melalui koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak termasuk Pemkab Bengkulu Utara dan Kementerian dan masyarakat. Alhamdulillah, kita berhasil mendapatkan lahan dengan total seluas 200 hektaran untuk kegiatan ketahanan pangan, baik dalam bentuk terpadu satu hamparan maupun tersebar di beberapa titik. Lahan tidur tersebut saat ini kami kelola agar keberadaanya lebih bermanfaat untuk memenuhi ketersediaan pangan di masyarakat,'' ujarnya, Rabu (24/4/2024).

BACA JUGA:127 Siswa Tersingkir Usai Melewati 5 Tahapan Tes Seleksi Paskibraka Bengkulu Utara 2024

Adapun fokus kegiatan ketahanan pangan yang saat ini telah di lakukan yaitu, pada bidang pertanian dan perkebunan meliputi penanaman padi, jagung, singkong, pepaya, jengkol dan pisang. Sementara itu, untuk perikanan di fokuskan pada budidaya ikan nila serta ada juga peternakan sapi.

"Untuk bidang pertanian, saat ini sudah ada yang berhasil kita panen, ada juga yang sudah masuk proses pemeliharaan dan juga masuk pada masa tanam," beber Dandim.

Lebih jauh, ia juga menyebut bahwa program ketahanan pangan yang dilakukan Kodim Bengkulu Utara juga merupakan salah satu bentuk program yang di instruksikan langsung oleh KASAD dalam mewujudkan ketahanan pangan Nasional.

"Semoga dengan apa yang kita lakukan bersama ini, program ketahanan pangan Nasional yang dicanangkan oleh pemerintah bisa tercapai dengan baik," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: