127 Siswa Tersingkir Usai Melewati 5 Tahapan Tes Seleksi Paskibraka Bengkulu Utara 2024

127 Siswa Tersingkir Usai Melewati 5 Tahapan Tes Seleksi Paskibraka Bengkulu Utara 2024

127 Siswa Tersingkir Usai Melewati 5 Tahapan Tes Seleksi Paskibraka Bengkulu Utara 2024--

RADADUTARA.ID - Dari total 230 siswa yang mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Bengkulu Utara tahun 2024, sebanyak 127 siswa diantaranya telah tersingkir sebelum masuk seleksi akhir. 

Koordinator Panitia Seleksi, Alfi Syahrin, S.Pt. M.A.P menjelaskan sebanyak 230 siswa yang ikut dalam seleksi Paskibraka Kabupaten Bengkulu Utara tahun 2024 itu merupakan para siswa yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi yang pendaftarannya telah dibuka secara online pada tanggal 8 Maret - 4 April 2024 lalu.

Setelah seleksi awal terlaksana, tahapan seleksi selanjutnya juga mulai dilaksanakan pada tanggal 22 April 2024 lalu, yaitu tes Pancasila dan wawasan kebangsaan serta intelegensi umum melalui sistem CAT atau online.

"Pada tahapan tes online ini, beberapa siswa harus tersingkir karena nilai tesnya tidak mencapai standar minimum yang di tetapkan pusat melalui sistem CAT," jelasnya.

BACA JUGA:Diikuti Ratusan Siswa, Tes Calon Paskibraka Bengkulu Utara 2024 Digelar Selama 4 Hari

Setelah tahapan itu berlangsung, pada tanggal 23 April 2024 para siswa yang lolos kembali mengikuti materi tes pemeriksaan kesehatan dan Parade. Dimana pada tahapan ini para siswa yang sebelumnya berhasil lolos melewati 3 materi tes sebelumnya kembali berguguran.

"Beberapa siswa yang tidak lolos tes kesehatan dan Parade harus tersingkir. Saat ini peserta seleksinya tinggal menyisakan 103 siswa lagi. Sementara sebanyak 127 siswa lainnya sudah tersingkir," jelasnya.

Saat ini lanjut Alfian, para siswa yang berhasil lolos melalui tahapan tes seleksi sebanyak 5 kali itu sudah memasuki tahap tes Kesamaptaan. Dalam tes ini para peserta seleksi tidak akan di eliminasi lagi hingga masuk tahapan tes seleksi akhir yaitu tes kepribadian yang meliputi wawancara, penelusuran minat, bakat dan rekam jejak di media sosial.

"Dari total 103 siswa yang tersisa itu, nanti akan panitia ambil sebanyak 5 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki untuk di ikut sertakan dalam seleksi tingkat Provinsi. Kemudian, untuk 44 siswa yang akan di pilih untuk menjadi Paskibraka Bengkulu Utara baru akan di umumkan lagi, setelah pengumuman seleksi tingkat Nasional dan Provinsi," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: