Hanya Satu Caleg Perempuan yang Lolos ke Kursi DPRD Kabupaten Bengkulu Utara

Hanya Satu Caleg Perempuan yang Lolos ke Kursi DPRD Kabupaten Bengkulu Utara

Satu-satunya Caleg perempuan yang lolos ke kursi DPRD Bengkulu Utara--

RADARUTARA.ID- Dari puluhan politikus perempuan yang ikut dalam kontestasi pemilihan calon anggota legislatif (Caleg) Kabupaten Bengkulu Utara pada Pemilu 2024 hanya terdapat satu caleg yang lolos ke kursi anggota DPRD Kabupaten Bengkulu Utara. Srikandi itu adalah, Hj Armiyani dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Hal ini terungkap berdasarkan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara yang dilaksanakan oleh KPU Bengkulu Utara, pada Sabtu (2/3/2024) lalu.

Dari rekapitulasi hasil perolehan suara itu, Armiyani berhasil mendapat kursi ke 3 di Daerah Pemilihan I Kabupaten Bengkulu Utara yang meliputi  wilayah Kecamatan Arga Makmur, Arma Jaya, Lais dan Air Padang dengan total suara sebanyak 2.329.

Armiyani ini tercatat menjadi satu-satunya caleg perempuan di Kabupaten Bengkulu Utara yang bakal menduduki satu dari 30 kursi DPRD Kabupaten Bengkulu Utara.

BACA JUGA:5 Daftar Caleg DPRD Kabupaten Bengkulu Utara dengan Perolehan Suara Tertinggi dan Terendah

Berkaca dari Pileg tahun 2019 lalu, jumlah caleg perempuan terpilih di Kabupaten Bengkulu Utara pada Pemilu 2024 ini cenderung menurun. Sebab, di tahun 2019 lalu caleg perempuan terpilih di Kabupaten Bengkulu Utara lebih banyak yaitu sebanyak 2 orang atas nama Sonti Bakara dari Partai PDIP dan Emi Arfanita dari Partai Nasdem.

Hanya saja untuk Pileg tahun 2024 ini politikus perempuan incumbent tersebut tidak lagi maju mencalonkan diri sebagai Caleg Kabupaten Bengkulu Utara.

Yang mana Sonti Bakara dengan perahu PDIP maju ke Menjadi Caleg DPRD Provinsi Bengkulu, sementara Emi Arfian memilih untuk berhenti dari gelanggang perebutan kursi dewan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: