Mengenal Rafflesia Kemumuensis, Bunga Terbesar yang Baru Mekar di Kemumu

Mengenal Rafflesia Kemumuensis, Bunga Terbesar yang Baru Mekar di Kemumu

Bunga Raflesia jenis Kemumuensis yang tengah mekar sempurna di Kawasan wisata Kemumu--

RADARURARA.ID- Bunga Rafflesia Kemumuensis merupakan jenis bunga raflesia yang tumbuh di kawasan hutan wisata Kemumu, Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara.

Bunga ini ditemukan pada tahun 2017 lalu dan telah menambah daftar jenis Rafflesia di dunia. Berdasarkan informasi berhasil dirangkum RadarUtara.id bunga rafflesia kemumuensis ini merupakan jenis rafflesia ke-31 yang ditemukan di dunia.

Sementara itu, untuk wilayah Indonesia bunga rafflesia kemumuensis ini merupakan jenis bunga ke-15 yang ditemukan. Kemudian untuk sekala pulau Sumatra, bunga rafflesia kemumuensis ini merupakan bunga ke-11 yang ditemukan.

Nah, bicara soal nama. Penemu bunga rafflesia kemumuensis, Agus Susatya menyebut nama kemumuensis itu sengaja dipakai sebagai penanda lokasi pertama kalinya spesimen ini diambil untuk dideskripsikan.

Bunga Rafflesia Kemumuensis ini pertama kali ditemukan di kawasan hutan wisata Palak Siring Kemumu, Kecamatan Arma Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara. 

BACA JUGA:Event Lomba Burung Berkicau Piala Dandim Cup 2024 di Gelar se-Sumbagsel di Bengkulu Utara

BACA JUGA:Disebut Ulat Kucing dan Sempat Viral karena Bentuknya yang Lucu, Tapi Aslinya Hewan Ini Sangat Beracun

Ciri-Ciri Bunga Rafflesia Kemumuensis 

Rafflesia Kemumuensis merupakan puspa langka yang mirip dengan jenis Raflesia Gadutensis. Kedua bunga tersebut memiliki ukuran yang hampir sama saat mekar, namun memiliki ciri dan warna yang berbeda seperti tidak ada bintik di diaphragma bagian atas, susunan bintik

pada dua lingkaran di windows dekat bukaan diaphragma, tipe dan penyebaran ramentanya, dan jumlah anther. 

Selain itu, bunga rafflesia kemumuensis ini juga mempunyai lobus perigon berwarna oranye sampai oranye gelap, bintil kecil mengelilingi bintil besar, dan 23

prosesi yang berbentuk kerucut dengan ujung yang membulat, tersusun dalam dua lingkaran masing-masing 15 dan 7, serta satu prosesi di tengah cakram. 

Rafflesia kemumu mempunyai dua tipe ramenta toadstool sederhana dan majemuk

di bagian atas tabung perigone, dan ramenta seperti brokoli yang tersebar dari bagian bawah dinding perigon sampai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: