Pengumuman! Bunga Raflesia Kemumu Kembali Mekar dan Wajib Dikunjungi Sebelum Layu

Pengumuman! Bunga Raflesia Kemumu Kembali Mekar dan Wajib Dikunjungi Sebelum Layu

Bonggol bunga Raflesia Kemumu yang diperkirakan akan mekar dalam waktu dekat--

RADARUTARA.ID- Puspa langka bunga rafflesia berjenis Rafflesia Kemumuensis kembali mekar untuk ke dua kalinya di awal tahun 2024. 

Bunga tersebut ditemukan dengan kondisi kelopak yang mulai mekar di kawasan Talang Rais, hutan Kemumu, Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara, pada Kamis  (29/2/2024).

Sebelum bunga Rafflesia Kemumuensis yang kedua ini ditemukan. Tepat di lokasi yang sama, bunga rafflesia dengan jenis yang sama juga telah mekar. Dengan begitu maka saat ini bisa kita temukan dua bunga rafflesia kemumuensis yang mekar.

Jagat, salah seorang anggota Kelompok Sadar Wisata Kemumu mengatakan bunga rafflesia tersebut pihaknya prediksi akan mekar sempurna, pada Jumat (1/3/2024).

"Hari ini kelopaknya baru mulai membuka. Besok kayaknya sudah mekar sempurna," ujarnya, Jumat (29/2/2024).

BACA JUGA:Selesai Dibangun Tahun 2021, Inilah Jembatan Tanjung Agung Palik Bengkulu yang Dulunya Hancur Dihantam Banjir

Hanya saja untuk bunga kedua ini terlihat tidak bisa sempurna. Hal ini karena pada salah satu bagian kelopak bunga ada yang patah atau hilang.

"Kemungkinan besar itu terjadi karena faktor alam. Karena curah hujan juga mempengaruhi baik dan buruknya pertumbuhan bunga rafflesia tersebut," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga mempersilahkan bagi masyarakat yang ingin datang dan melihat mekarnya bunga rafflesia ini untuk datang ke wisata Palak Siring Kemumu.

"Nanti kami siap untuk menghantarkan para pengunjung yang belum tau lokasinya. Yang terpenting pengunjung hati-hati dan jangan sampai merusak ketika melihat bunga tersebut," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: