Bukan Hanya Tanaman Endemik, Ternyata 5 Jenis Raflesia Ini Ditemukan di Bengkulu

Bukan Hanya Tanaman Endemik, Ternyata 5 Jenis Raflesia Ini Ditemukan di Bengkulu

Salah satu bunga Asli Bengkulu, yakni Bunga Raflesia--

RADARUTARA.ID- Bunga raflesia merupakan salah satu spesies bunga langka yang di lindungi oleh pemerintah Indonesia.

Selain itu, spesies bunga ini juga menjadi spesies bunga terbesar di dunia dan telah menjadi salah satu icon dari Provinsi Bengkulu. 

Berikut ini macam-macam jenis bunga raflesia yang ada di Bengkulu, diantaranya:

1. Rafflesia Arnoldii

Pasti sudah tidak asing dengan nama Rafflesia arnoldii, bukan? 

Bunga Rafflesia arnoldii pertama kali ditemukan pada tahun 1818 dihutan tropis Bengkulu. Tepatnya tidak jauh dengan Sungai Manna Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Ciri-ciri bunga ini yakni memiliki ukuran yang bervariasi, dengan garis tengah bunga antara 30 cm bahkan 150 cm dan bobot 11 kilogram. Selain itu, bunga tersebut berisikan lubang gentong yang disisinya terdapat lima daun mahkota dengan bintik-bintik putih yang tidak beraturan.

Bengkulu adalah raflesia. Raflesia adalah Bengkulu. Ya, bunga langka ini merupakan identitas dari Bengkulu. Rafflesia arnoldii juga telah ditetapkan sebagai puspa langka dari tiga jenis bunga nasional lainnya, seperti puspa pesona (anggrek bulan atau Phalaenopsis amabilis) dan puspa bangsa (melati putih atau Jasminum sambac).

BACA JUGA:Pengumuman! Bunga Raflesia Kemumu Kembali Mekar dan Wajib Dikunjungi Sebelum Layu

2. Rafflesia Kemumu

Rafflesia kemumu tergolong dalam famili dari spesies tanaman parasit dari genus raflesia. Bunga dengan jenis ini, berhasil teridentifikasi pada tahun 2017 di Hutan Boven Lais, Kelurahan Kemumu, Kabupaten Bengkulu Utara.

Nah, apabila ingin melihat bunga Rafflesia kemumu, kalian dapat mengunjungi wisata Palak Siring Kemumu. Informasi berhasil di himpun Radar Utara sepanjang bulan September 2023. Sudah terdapat 4 buah bunga raflesia kemumu yang mekar. 

Bahkan kini keberadaan bonggol bunga raflesia itu masih banyak ditemukan dan siap mekar dalam waktu dekat nanti.

3. Rafflesia Hasseltii

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: