Penyakit Hati Bisa Merusak Kehidupan, Lakukan Amalan Ini untuk Mengobatinya

Penyakit Hati Bisa Merusak Kehidupan, Lakukan Amalan Ini untuk Mengobatinya

Penyakit Hati Bisa Merusak Kehidupan, Lakukan Amalan Ini Untuk Mengobatinya.--

2. Ilmu

Mencari ilmu juga salah satu cara untuk membersihkan hati, mencari ilmu maksudnya di sini adalah mencari ilmu yang bermanfaat serta berguna bagi kebutuhan dunia dan akhirat. Dengan salah satunya mempelajari ilmu tentang hati, membuat kita menjadi paham bagaimana cara membersihkan dan mensucikan dan juga menjaga hati agar tetap suci.

Salah satu contohnya kita bisa menuntut ilmu dari membaca buku-buku karya para ulama, menghadiri majelis ilmu, mencari guru agama yang benar-benar paham, serta mendekatkan diri kepada orang-orang yang memang mempunyai pemahaman yang luas akan agama Islam. Dengan melakukan hal itu semua kita akan menjadi seseorang yang lebih dekat kepada Allah subhanahu wa ta'ala, serta senantiasa menjaga agar hati tetap suci.

BACA JUGA:Wapres Respon Positif Usulan Pemekaran Kalimantan Tengah, Bagai Mana dengan Pemekaran Bengkulu Utara?

3. Riyadhatun nafsi atau olah diri

Membiasakan diri untuk senantiasa mengerjakan hal-hal yang baik, adalah salah satu cara untuk membersihkan hati. Dengan cara membiasakan diri agar tetap disiplin, Istiqomah, serta memaksakan diri untuk senantiasa mengerjakan hal-hal yang baik serta memiliki target di dalam hidup.

Beberapa cara yang bisa kita lakukan adalah dengan merenungi setiap hal yang terjadi di sekitar kita serta bersyukur kepada Allah subhanahu wa ta'ala, senantiasa mendekatkan diri dan berdoa kepada Allah SWT  dengan melakukan hal tersebut membuat kita menjadi lebih dekat kepada Allah dan senantiasa menjaga hati tetap suci.

4. Membaca Al-Qur'an

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Bacalah Al-Qur'an karena Allah tidak akan menimpakan azab ke hati yang selalu memerhatikan Al-Qur'an. Al-Qur'an ini adalah perjamuan dari Allah, siapa yang masuk ke dalam jamuan Al-Qur'an ia akan selamat dan siapa yang cinta kepada Al-Qur'an, hendaknya ia merasa berbahagia." (HR Darimi)

Dari hadis tersebut dapat kita ambil makna bahwasanya dengan senantiasa membaca Alquran kita dapat menjaga hati tetap suci dan bersih dari kotoran-kotoran dan dosa. Selain dari itu dengan cara membaca Alquran kita juga akan mendapatkan pahala dari setiap huruf yang kita bacakan.

BACA JUGA:5 Dzikir Ampuh Penghapus Dosa, Muslim Wajib Amalkan Ini Sebelum Ajal Menjemput

5. Cinta

Cinta merupakan salah satu nama Allah dan sifat Allah SAW yang terdapat di dalam Alquran yaitu Al wadud yang artinya Maha mencintai, dengan hadirnya cinta maka setiap yang ada dalam diri manusia akan menjadi damai lapang dan sejahtera, termasuk kebencian di dalam hati yang merupakan salah satu bentuk penyakit hati yang bisa dilawan dengan rasa cinta.

Dengan begitu kita akan menumbuhkan hati yang suci serta terjaga dari kebencian. Senantiasa menjaga cinta dan menumbuhkannya adalah cara terbaik untuk menjalani kehidupan, sebab cinta memberikan anugerah serta kebahagiaan bagi manusia.

6. Menghindari riya' dan sadar akan kerugian yang ditimbulkannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: