dr Zaidul Akbar Beberkan Manfaat Serai yang Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh

dr Zaidul Akbar Beberkan Manfaat Serai yang Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh

dr Zaidul Akbar Beberkan Manfaat Serai yang Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh--

RADARUTARA.ID- Serai atau sereh adalah tanaman yang biasa digunakan untuk bumbu masak hingga obat. Tanaman ini bisa tumbuh tinggi dan memiliki tangkai.

Sereh punya aroma unik seperti lemon segar dan rasa jeruk. Manfaat serai baik untuk kesehatan. Anda bisa meminum sereh untuk aroma terapi dan daunnya bisa dioleskan pada kulit yang terluka.

Selain banyak digunakan untuk penyedap rasa dan bumbu dapur di rumah, serai sejak dulu seringkali dimanfaatkan untuk kesehatan. Terutama dalam pembuatan minyak atsiri dan minyak aroma terapi.

Pemanfaatan serai tersebut disebabkan karena serai memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Petani Sumringah, Harga TBS Sawit Kembali Merangkak Naik

Nah berikut ini adalah sedikit manfaat serai diantaranya:

1. Mengurangi peradangan

Serai mengandung anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan kronis bisa menyebabkan penyakit seperti radang sendi, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kanker. Dengan memanfaatkan serai setidaknya dapat mengurangi sejumlah besar penyakit-penyakit tersebut dan menghilangkan efek buruk yang ditimbulkannya.

2. Mencegah mual dan sakit perut

Pemanfaatan serai juga dilakukan dalam proses pembuatan minyak atsiri, dengan aroma yang khas akan membuatnya menimbulkan aroma terapi dan mencegah dari mual, sakit perut, masalah pencernaan, dan tukak lambung.

Dengan memanfaatkan serai secara baik dan mencampurkannya dengan bahan-bahan herbal lainnya kita juga akan dapat mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa dari serai, tanaman ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: