Efek Samping Minum Rebusan Jahe, Kunyit dan Serai yang Wajib Diketahui, Salah Satunya Bisa Pengaruhi Ginjal

Efek Samping Minum Rebusan Jahe, Kunyit dan Serai yang Wajib Diketahui, Salah Satunya Bisa Pengaruhi Ginjal

Efek Samping Minum Rebusan Jahe, Kunyit dan Serai yang Wajib Diketahui, Salah Satunya Bisa Timbulkan Masalah p--

RADARUTARA.ID- Banyak orang mengkonsumsi rebusan jahe, kunyit dan seere sebagai penghangat tubuh, sekaligus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun Anda, tahu tidak? Apa bila mengkonsumsi rebusan jahe, kunyit dan sere dengan cara berlebihan justru bisa beresiko terhadap kesehatan Anda? Simak penjelasan artikel, berikut:

Jahe, kunyit dan sere ini adalah bahan rempah yang sangat mudah di temukan di Indonesia. 

Dilansir dari Medical News Today, banyak pengobatan tradisional yang memanfaatkan air rebusan jahe, kunyit dan serai hanya untuk sekedar meredakan nyeri hingga demam. 

Ini, disebabkan kandungan kurkumin pada kunyit bisa menurunkan kadar kolesterol hingga trigliserida. Sehingga baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

BACA JUGA:Bank BSI Berikan Pinjaman Tanpa Bunga, Berikut Persyaratan dan Cara Mendapatkannya

Kendati demikian, jika air rebusan jahe, kunyit dan serai ini diminum berlebihan ternyata juga dapat menimbulkan efek samping berbahaya bagi tubuh. 

Nah, apa saja efek samping yang bisa ditimbulkan oleh air rebusan jahe, kunyit dan serai ini? 

1. Terjadi Masalah Penceranaan

Dikutip dari Medical News Today, jahe, kunyit, serta serai mengandung banyak zat yang mendukung kesehatan pencernaan. Sayangnya, zat yang sama juga berpotensi menyebabkan iritasi pencernaan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Memiliki rasa pedas, konsumsi jahe berlebih juga berpotensi memicu rasa mulas, sakit perut, dan kembung, mirip seperti saat tubuh makan terlalu banyak cabai.

Sementara itu, beberapa peserta dalam penelitian terkait penggunaan kunyit untuk pengobatan kanker harus keluar karena pencernaannya terkena dampak negatif.

Hal ini lantaran kunyit merangsang lambung untuk memproduksi lebih banyak asam lambung. Minum air rebusan serai berlebihan dan terlalu sering juga dapat mengganggu kinerja pencernaan manusia.

Beberapa gejala yang muncul, biasanya meliputi mual, muntah, diare, hingga heartburn atau sensasi terbakar di dada.

BACA JUGA:Baterai Tahan Lama, Harga di Bawah Rp1 Juta, Nokia 8210 4G Laris di Pasaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: