Petani Sumringah, Harga TBS Sawit Kembali Merangkak Naik

Petani Sumringah, Harga TBS Sawit Kembali Merangkak Naik

Petani Sumringah, Harga TBS Sawit Kembali Merangkak Naik --

RADARUTARA.ID- Kabar gembira bagi para petani sawit yang ada di provinsi Bengkulu, pasalnya Pemerintah Provinsi bersama dengan Tim Penetapan Harga Tanda Buah Sawit (TBS) telah menetapkan harga Pembelian TBs di tingkat Pabrik untuk periode Mei 2024. 

Untuk harga terbaru ini, TBS yang sebelum seharga Rp2.4 Ribu Per kg saat ini menjadi Rp2.57 ribu per kg.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Bickman, mengatakan terjadinya kenaikan harga TBS sawit ini lantaran adanya refleksi dari peningkatan Kualitas buah yang di Panen oleh para petani 

"Ada kenaikan sebesar Rp 129 dari harga sebelumnya dan tentu saja ini menjadi kabar yang baik untuk para petani sawit itu sendiri," ujarnya.

BACA JUGA:2024 Jadi Tahun Politik, KPK Bengkulu Bidik Hal Ini

Dijelaskannya pula, Tandan Buah Sawit ini sekarang ini sudah masuk dalam kategori satu, hal itu berdampak pada kualitas buah yang dihasilkan.

"Harga lain yang mempengaruh TBS adalah adanya  fluktuasi harga TBS yang dipengaruhi oleh kondisi cuaca, permintaan pasar global, dan kebijakan pemerintah," ujarnya.

Ditegaskannya pula Penetapan harga ini juga telah sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor: 01/PERMENTAN/KH. 120/1/2018 tentang Pedoman Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Pekebunan dan Peraturan Gubernur Bengkulu Nomor: 64 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penetapan Harga Pembelian TBS Kelapa Sawit Produksi Pekebun di Provinsi Bengkulu.

"Harga TBS Sawit tersebut tidak berlaku ditingkat tengkulak dan hanya berlaku di tingkat para petani," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: