Selain Memiliki Banyak Manfaat, Kenali 5 Efek Samping Minum Rebusan Serai Setiap Hari

Selain Memiliki Banyak Manfaat, Kenali 5 Efek Samping Minum Rebusan Serai Setiap Hari

Selain Memiliki Banyak Manfaat, Kenali 5 Efek Samping Minum Rebusan Serai Setiap Hari--

RADARUTARA.ID - Serai atau sereh merupakan tanaman yang umumnya digunakan untuk bumbu masak sampai obat. Tanaman ini bisa tumbuh tinggi dan mempunyai tangkai. sereh memiliki aroma unik seperti lemon segar dan rasa jeruk.

Manfaat serai sangat banyak bagi kesehatan. Kamu bisa meminum sereh untuk aroma terapi dan daunnya dapat dioleskan pada kulit yang sedang terluka.

Di Indonesia sendiri, serai digunakan sebagai penyedap rasa makanan. Daun serai dapat digunakan sebagai teh herbal yang dicampur dengan lemon. Sedangkan di Thailand, tanaman ini digunakan sebagai bahan masakan hingga pengusir serangga.

Sereh bisa digunakan sebagai bahan kecantikan mulai dari deodoran, sabun, serta kosmetik. Di Tanah Air, batang dan daun sereh memiliki manfaat sebagai pengobatan penyakit diantaranya seperti menurunkan demam, meredakan nyeri dan bengkak, hingga melancarkan menstruasi.

BACA JUGA:4 Manfaat Minum Air Rebusan Serai Setiap Hari, Salah Satunya Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Namun, jika mengonsumsi serai dalam jumlah yang banyak atau terlalu sering juga bisa memberikan beberapa efek samping bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Buang air kecil meningkat

Mengonsumsi serai secara berlebihan, baik secara langsung ataupun dalam bentuk air rebusan bisa memicu rasa pusing.

Bahkan, tanaman ini juga memiliki potensi menyebabkan mulut kering, membuat rasa kantuk hingga buang air kecil berlebihan.

2. Nafsu makan meningkat

Wedang serai bisa digunakan sebagai teh detoks untuk membantu menurunkan berat badan. Manfaat serai tersebut tak lepas dari sifat diuretik alaminya.

Tetapi, manfaat ini cuma berlaku kalau dikonsumsi dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan. Karena, di sisi lain, tanaman ini juga bisa membantu dalam meningkatkan nafsu makan, yang akan berpotensi menaikkan berat badan. Maka dari itu, cobalah untuk mengurangi minum wedang serai untuk menghindari efek samping ini. 

BACA JUGA:Mau Pindah TPS Secara Online? KPU Punya Ketentuan Ini

3. Fungsi ginjal terganggu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: