Sebelum Membeli, Ketahui Cara Memilih Ikan Segar Langsung dari Nelayan dan Pengepul di TPI Pulau Baai Bengkulu

Sebelum Membeli, Ketahui Cara Memilih Ikan Segar Langsung dari Nelayan dan Pengepul di TPI Pulau Baai Bengkulu

Sebelum Membeli, Ketahui Cara Memilih Ikan Segar Langsung dari Nelayan dan Pengepul di TPI Pulau Baai Kota Bengkulu--

RADARUTARA.ID - Seperti yang diketahui, Pasar TPI Pulau baai adlaah pasar tradisional yang menjual bermacam produk pertanian dan hasil laut.

Keistimewaan dari pasar ini terletak dari keramahan para pedagang yang menjajakan produk dengan harga ramah dikantong. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan para petani dan nelayan setempat, sehingga membuat pengalaman berbelanja di Pasar TPI Pulaubai jadi lebih personal dan autentik.

Untuk Lokasi pasar ini telatak di Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu.

Bagi kamu yang ingin membeli ikan segar langsung dari nelayan dan pengepul di TPI Pulau Baai, ketahui beberapa tipsnya berikut ini:

BACA JUGA:Kabupaten Bengkulu Utara Jadi Tuan Rumah, Ini Filosofi Logo MTQ ke XXXVI Tingkat Provinsi Bengkulu

1. Warnanya Cerah

Pastikan kamu memilih ikan yang warna kulitnya terlihat cerah, segar, dan tidak kusam. Warna kulit yang terang memberi tanda kalau ikan tersebut berkualitas tinggi. Namun sebaliknya, ikan yang tidak segar umumnya mempunyai warna kulit yang terlihat kusam dan tidak mengkilap.

2. Tidak Berbau Amis

Biasanya, ikan segar mempunyai bau laut yang tidak amis. Bau yang sumbernya dari ikan segar tidak terasa aneh atau mengganggu indra penciuman. Namun sebaliknya, ikan yang berbau amis berlebihan memberi tanda kalau ikan tersebut tidak layak untuk dikonsumsi. 

BACA JUGA:Jika Ingin Awet Muda, Dokter Sarankan Kurangi Konsumsi 4 Makanan Ini

3. Matanya Jernih

Mata ikan yang segar akan terlibat lebih cerah, jernih, dan segar. Permukaan matanya juga akan tampak menonjol saat diraba. Namun sebaliknya, mata ikan yang terlihat mengerut, keruh, dan cekung serta berwarna kemerahan adalah ciri-ciri ikan tidak segar dan tidak layak untuk dikonsumsi. 

4. Mulutnya Mengatup atau Tertutup

Ikan segar mempunyai ciri mulut tertutup atau tidak menganga. Ikan yang mulutnya terbuka tidak begitu segar untuk dimasak. Tapi harus diperhatikan pula di mana ikan tersebut berada. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: