Menggabungkan Dua Puasa Sunnah, Ini Niat Puasa Syawal Sekaligus Senin Kamis

Menggabungkan Dua Puasa Sunnah, Ini Niat Puasa Syawal Sekaligus Senin Kamis

Menggabungkan Dua Puasa Sunnah, Ini Niat Puasa Syawal Sekaligus Senin Kamis--

RADARUTARA.ID - Sesudah melewati puasa Ramadhan, umat muslim disambut dengan Hari Raya Idul Fitri di bulan Syawal. Di bulan ini, ada ibadah yang menjadi sunnah dalam Islam yang bisa mendatangkan pahala berlimpah. Ibadah tersebut yaitu puasa Syawal selama 6 hari.

Puasa Syawal boleh dibarengi dengan puasa sunnah senin kamis, asalkan dengan membaca niat puasa syawal dan senin kamis. Puasa Syawal mempunyao keutamaan ibarat menjalankan puasa selama satu tahun penuh. Hal ini seperti sabda Rasulullah SAW dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim sebagai berikut ini.

“Bagi siapa yang berpuasa Ramadan lalu berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim).

BACA JUGA:Njamu, Tradisi Unik Saat Lebaran Idul Fitri di Bengkulu

Sebelum membahas niat puasa syawal dan senin kamis, ketahui terlebih dahulu bagaimana hukum ketika menjalankan puasa Syawal yang digabung dengan puasa sunnah Senin dan Kamis? Apakah dalam Islam kedua puasa tersebut disahkan?

Menurut para ulama, menggabungkan puasa Syawal dengan puasa Senin dan Kamis hukumnya yaitu diperbolehkan. Hal ini lantaran puasa Syawal dan puasa Senin dan Kamis yaitu sama-sama puasa sunah yang disahkan untuk digabungkan.

Kalau seorang muslim ingin menunaikan puasa Syawal di hari Senin atau Kamis, maka diperbolehkan untuk mengerjakan kedua niat secara sekaligus yaitu niat puasa Syawal dan niat puasa Senin dan Kamis. Hal ini juga berlaku untuk puasa sunah Arafah dan puasa Asyura.

BACA JUGA:Jangan Minum Kopi atau Energy Drink Saat Arus Balik Jika Tidak Ingin Hal ini Terjadi

Adapun Bacaan Niat Puasa Syawal dan Senin Kamis:

1. Niat Puasa Syawal

Nawaitu Shauma Ghadin ‘Ansittatin Min Syawaali Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa.”

Artinya: “ Aku niat berpuasa sunnah 6 Hari bulan Syawal karena Allah Ta’ala.”

2. Niat Puasa Senin

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala. Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah Ta'ala.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: