Apa Boleh Puasa Syawal Digabungkan dengan Puasa Senin Kamis?

Apa Boleh Puasa Syawal Digabungkan dengan Puasa Senin Kamis?

Apa Boleh Puasa Syawal Digabungkan dengan Puasa Senin Kamis?--

RADARUTARA.ID - Puasa Syawal merupakan ibadah sunnah yang dikerjakan pada bulan Syawal. Di bulan ini juga, umat muslim boleh mengerjakan puasa Senin Kamis.

Tetapi, apakah boleh menggabungkan puasa Syawal dan Senin Kamis? Jika memang ada yang ingin mengerjakan dua amalan ini sekaligus pada hari yang sama?

Puasa Syawal utamanya dikerjakan selama enam hari secara berturut-turut sesudab Hari Raya Idul Fitri, yaitu pada 2-7 Syawal.

Walaupun begitu, mengerjakan puasa Syawal tidak di hari yang berurutan juga diperbolehkan asalkan masih pada bulan Syawal.

BACA JUGA:Njamu, Tradisi Unik Saat Lebaran Idul Fitri di Bengkulu

Keutamaan melaksanakan puasa sunnah ini seperti memperoleh pahala berpuasa sepanjang tahun dan dilipatgandakan. Hal ini tercantum pada hadis berikut.

Artinya: Dari Abi Ayyub al-Anshari r. a. (diriwayatkan) ... bahwa Rasulullah saw bersabda: Barang siapa sudah melakukan puasa Ramadan, kemudian menambahkan dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka seolah-olah ia telah melaksanakan puasa sepanjang masa. [HR Jama'ah dan an-Nasa'i].

BACA JUGA:Lebaran Usai, Ini Dia Tips Bersihkan Usus Kotor dengan 4 Minuman Sehat

Tetapi, bukan hanya puasa Syawal, ada juga beragam puasa sunnah lain yang sering kali dikerjakan, misalnya puasa Senin Kamis. Bolehkah kedua puasa ini digabungkan?
Diambil dari laman Kemenag, menggabungkan puasa Syawal dan puasa Senin Kamis diperbolehkan saja.

Menurut para ulama, menggabungkan niat puasa Syawal dan Senin Kamis termasuk sah dan tidak mengurangi pahala kedua ibadah tersebut. Karena, keduanya merupakan puasa sunnah yang mempunyai kesamaan jenis dan bentuk ibadahnya.

Dengan begitu, seseorang akan memperoleh pahala puasa Syawal dan puasa Senin Kamis. Jima kamu berniat untuk menggabungkan kedua ibadah ini, maka jangan lupa untuk membaca niat terlebih dahulu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: