Apakah Kurma Mengandung Pestisida dan Harus Dicuci Dulu Sebelum Dimakan? Begini Jawaban dr Zaidul Akbar

Apakah Kurma Mengandung Pestisida dan Harus Dicuci Dulu Sebelum Dimakan? Begini Jawaban dr Zaidul Akbar

Apakah Kurma Mengandung Pestisida dan Harus Dicuci Dulu Sebelum Dimakan?Begini Jawaban dr Zaidul Akbar--

RADARUTARA.ID- Buah kurma sering kita jumpai saat memasuki bulan Ramadhan. Dan kurma termasuk kategori tumbuhan Palma yang berasal dari Timur Tengah beriklim tropis dan Padang pasir. 

Kurma sendiri memiliki rasa manis yang membuat digemari oleh orang banyak. Ini, disebabkan karena kurma mengandung banyak manfaat untuk kesehatan, khususnya memberikan kesehatan pada saluran pencernaan. 

Buah yang selalu diburu saat bulan Ramadhan, ini juga dapat memperkuat sistem saraf dan meningkatkan kesehatan jantung serta mata. Selain, itu kurma juga bagian dari sumber makanan yang kaya serat, kalium dan kalsium. 

Tapi, apakah benar saat makan kurma harus dicuci terlebih dahulu?

BACA JUGA:Raflesia Kemumuensis Kembali Mekar di Kemumu, Ukurannya Lebih dari Setengah Meter

Dijelaskan oleh pendakwah sekaligus dokter yang kerap memberi tips hidup sehat, dr Zaidul Akbar, dikenal lewat konsep jurus sehat Rasullullah (JSR) yang membuat Nabi Muhammad SAW sebagai role model untuk hal ini.

"Betulkah jika kurma harus dicuci dulu sebelum dikonsumsi," tanya seorang jamaah kepada dr Zaidul Akbar.

Menjawab pertanyaan, itu dr Zaidul Akbar, mengungkapkan, ia sendiri tidak pernah mencuci kurma alias langsung mengkonsumsinya.

"Kalau saya pribadi nggak pernah mencuci kurma dulu ya. Kalau beli kurma biasanya langsung saja saya makan gitu kurmanya," ujar dr Zaidul Akbar, dilansir dari Serambinews.com melalui video unggahan kanal YouTube Sobat Herbal pada Sabtu 9 Maret 2024.

BACA JUGA:PNS dan Aparatur Desa Dituntut Tetap Produktif Layani Masyarakat, Berikut Jadwal Ngantor PNS Selama Bulan Puas

Khusus jenis kurma organik kata dr Zaidul Akbar, terutama kurma yang memiliki tangkai atau kurma Tunis (Tunisia) bisa langsung dimakan.

"Langsung saja saya makan gitu kurmanya, apalagi kurma- kurma pakai tangkai, kurma- kurma tunis itu atau juga kurma ajwa yang organik," jelasnya.

Terkait soal kabar harus dicuci dulu kurma sebelum dikonsumsi, itu disebabkan karena adanya isu yang mengatakan jika kurma mengandung pestisida. Tapi sayangnya kabar tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya.

"Karena ada memang beberapa informasi bahwa kurma ada juga yang diberi pestisida, katanya seperti itu. Wallahua'lam saya belum tahu detailnya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: