KPU Tempeli Kotak Suara dengan Barcode, Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 Akan Terpantau Lewat Silog

KPU Tempeli Kotak Suara dengan Barcode, Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 Akan Terpantau Lewat Silog

Proses pendistribusian Kota Suara di Bengkulu Utara--

RADARUTARA.ID- Skema pendistribusian dan sistem yang digunakan oleh KPU dalam menyukseskan pendistribusian logistik pada Pemilu 2024, ini akan sedikit berbeda dibanding Pemilu di tahun sebelumnya.

Konkretnya, pada pelaksanaan pendistribusian Logistik Pemilu di Tahun 2024, ini KPU akan menempeli seluruh kotak suara yang didistribusikan menggunakan barcode yang terintegrasi dengan aplikasi sistem informasi logistik (Silog). 

"Jadi, kotak suara nanti harus sampai dulu di Sekretariat PPK. Setelah sampai di titik koordinat PPK, selanjutnya akan dikirim lagi ke titik koordinat PPS di masing-masing desa. Beda dengan dulu, kalau dulu turun dari truk langsung ke desa-desa, sekarang ngak boleh lagi. Titik koordinat turun awal logistik nanti harus di PPK. Karena nanti akan ada sistem aplikasi bernama Silog yang akan memantau pergerakan logistik Pemilu," ungkap Ketua PPK Kecamatan Marga Sakti Sebelat, Bengkulu Utara, Waskito.

BACA JUGA:Desa Diminta Kolaborasi Kelola Program Ketahanan Pangan Bersama KWT, Camat: Agar Lebih Efektif

Di sisi lain, Waskito mengakui, pendistribusian logistik di beberapa TPS wilayah kerjanya ada yang membutuhkan perlakuan khusus. TPS yang dimaksud, kata Waskito, adalah TPS berstatus sulit yang terletak di wilayah perusahaan Sapta Buana, Desa Suka Baru dan dusun Air Kuro, Desa Suka Maju. 

"Untuk mendukung kelancaran proses pendistribusian logistik Pemilu ke TPS sulit, itu kita siapkan kendaraan double gardan dan perlengkapan lain seperti terpal dan fasilitas lainnya. Ini, kita lakukan untuk mengantisipasi ketika cuaca hujan. Karena akses jalan menuju TPS sulit disana masih berupa tanah dan sulit untuk dilalui oleh kendaraan pada umumnya," demikian Waskito.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: