Sayur Favorit Masyarakat Bengkulu, Ini 10 Manfaat Pucuk Lumai Bagi Kesehatan Tubuh

Sayur Favorit Masyarakat Bengkulu, Ini 10 Manfaat Pucuk Lumai Bagi Kesehatan Tubuh

Sayur Favorit Masyarakat Bengkulu, Ini 10 Manfaat Pucuk Lumai Bagi Kesehatan Tubuh--

RADARUTARA.ID - Nama sayur Lumai mungkin masih belum diketahui oleh banyak orang, namun sudah sangat akrab bagi masyarakat di Provinsi Bengkulu.

Sayur Lumai juga dikenal oleh masyarakat Bengkulu sebagai pucuk Lumai. Istilah pucuk lumai menggambarkan daun Lumai muda, yang umumnya dimasak sebagai sayuran.

Lumai merupakan sayuran yang sangat populer sebagai bahan sayuran, khususnya untuk masakan Sunda. Lumai sudah digunakan sebagai obat herbal selama lebih dari 2000 tahun lamanya.

Di Meksiko, buah dan daunnya digunakan sebagai pengobatan untuk sakit kepala. Di Cina, digunakan sebagai pengobatan untuk infeksi ginjal dan kandung kemih dan diare.

BACA JUGA:Berapa Kali Sih, Makan Mie Instan yang Baik Bagi Tubuh? Berikut Penjelasan Ahli Gizi

Adapun Manfaat Daun Lumai bagi kesehatan:

1. Menurunkan Demam

Demam bisa menjangkit siapa saja. Dari anak-anak sampai dewasa. Ternyata kamu tidak harus mengonsumsi obat kimia untuk mengatasi demam. Pucuk lumai mengandung zat antipiretik yang dipercaya mampu mengurangi panas demam.

2. Anti Kanker

Dalam daun Lumai mengandung obat anti kanker yang berasal dari amigladin atau vitamin B17, yang efektif untuk pengobatan kanker.

3. Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Kebanyakan pasien dengan infeksi saluran kemih adalah wanita, walaupun ini tidak mengesampingkan pria yang bisa terpengaruh juga. Pucuk lumai dianggap sebagai diuretik, yakni untuk meluruhkan atau melancarkan saluran kemih.

BACA JUGA:Cita Rasanya Unik, Cobain Sambal Durian Khas Bengkulu, Begini Resepnya

4. Mengatasi Radang Ginjal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: