Berapa Kali Sih, Makan Mie Instan yang Baik Bagi Tubuh? Berikut Penjelasan Ahli Gizi

Berapa Kali Sih, Makan Mie Instan yang Baik Bagi Tubuh? Berikut Penjelasan Ahli Gizi

Berapa Kali Sih, Makan Mie Instan yang Baik Bagi Tubuh? Berikut Penjelasan Ahli Gizi--

RADARUTARA.ID- Mie instan adalah makanan siap saji yang banyak digemari orang. Dan umumnya, Mie instan banyak dijual dalam bentuk kemasan cangkir atau mangkuk. 

Mie instan sendiri, adalah makanan yang harus direbus dan dikeringkan (dalam keadaan matang). Selanjutnya mie instan dimasak dalam air panas sebelum dikonsumsi. 

Tapi sebagian besar mie instan ternyata mengandung tinggi natrium dan monosidum glutamat (MSG) yang merupakan bahan tambahan makanan untuk meningkatkan rasa pada makanan olahan. 

Meskipun MSG aman dikonsumsi, food and Drug Administration (FDA) atau badan pengawasa obat dan makanan Amerika Serikat, menjelaskan. Bahwa MSG berpotensi memiliki dampak pada kesehatan tubuh seseorang. 

BACA JUGA:Bansos BPNT Tahap Pertama 2024 Segera Cair, Cek Jadwal dan Daftar Penerimanya Disini!

Nah, berapa kali sih sebenarnya kita dianjurkan memakan mie instan dalam setiap harinya? 

Berdasarkan keterangan ahli Gizi Universitas Surabaya, Tri Kurniawati, sebaiknya mengkonsumsi mie instan dilarang lebih dari 2 bungkus dalam setiap minggunya. 

"Mie instan juga bisa berbahaya bagi kesehatan, hal ini dikarenakan dalam satu porsi mie instan biasanya mengandung lemak dan natrium yang tinggi, namun rendah serat, vitamin dan mineral. Pola konsumsi mie instan berpengaruh positif terhadap obesitas abdominal dan hiperkolesterolemia," beber Tri, dilansir lewat laman um-surabaya.ac.id.

Tapi apa bila mie instan dikonsumsi dalam jumlah sedang, kemungkinan besar tidak akan menimbulkan efek kesehatan yang negatif. 

BACA JUGA:Nasional Nutrition Council Ungkap Bahaya Mie Instan Bagi Tubuh Jika Terlalu Sering Dikonsumsi, Masih Mau?

Selanjutnya, apakah aman mengkonsumsi mis instan setiap hari?

Wajib diketahui, bahwa jangan jadikan mis instan sebagai makanan pokok atau dimakan untuk setiap hari. Ini, disebabkan kandungan nutrisinya rendah. 

"Mie instan belum bisa dianggap sebagai makanan sehat karena tidak memenuhi kebutuhan gizi seimbang tubuh. Pemenuhan kebutuhan nutrisi mie instan bisa diperoleh jika ada tambahan sumber nabati dan protein," imbuhnya.

Maka dari, itu sebaiknya mengkonsumsi mie instan jangan disarankan untuk menambahkan sayuran, protein seperti telur, ayam daging dan sumber protein lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: