Sesungguhnya Ada 4 Golongan Manusia Dibumi yang Paling Ditakuti Setan, Siapa Saja?

Sesungguhnya Ada 4 Golongan Manusia  Dibumi yang Paling Ditakuti Setan, Siapa Saja?

Sesungguhnya Ada 4 Golongan Manusia Dibumi yang Paling Ditakuti Setan, Siapa Saja?--

RADARUTARA.ID - Telah dijelaskan di dalam Alquran, sebagai musuh manusia, setan akan berjanji untuk menyesatkan anak cucu Adam bersamanya ke dalam neraka.

Namun dalam rangka tersebut ada beberapa golongan manusia yang ditakuti setan ketika hendak menggoda. Dalam alquran sendiri tanah diceritakan manusia sebagai musuh dari setan seperti yang tertera di dalam al-quran surah fathir ayat 6 allah swt berfirman yang berbunyi: 

اِنَّ الشَّيْطٰنَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوْهُ عَدُوًّاۗ اِنَّمَا يَدْعُوْا حِزْبَهٗ لِيَكُوْنُوْا مِنْ اَصْحٰبِ السَّعِيْرِۗ ٦

Artinya: "Sesungguhnya setan itu musuh bagimu. Maka, perlakukanlah ia sebagai musuh! Sesungguhnya setan itu hanya mengajak golongannya agar mereka menjadi penghuni (neraka) Sa'ir (yang menyala-nyala)."

BACA JUGA:5 Weton Pria Menawan Ini Sangat Memikat Hati Wanita Sampai Dikira Punya Ilmu Pelet, Apa Itu Kamu?

Umar Sulaiman al-Asyqar dalam kitab 'Alam al-Mala'ikah al-Abrar & Alam al-Jinn wa asy-Syayathin. Menjelaskan bahwasanya syaitan pada awalnya merupakan makhluk yang taat dan patuh kepada Allah SWT dan bahkan senantiasa menyembahnya siang dan malam. Pada awalnya mereka merupakan makhluk yang mulia bahkan menjadi imam bagi para malaikat dalam melaksanakan salat dan menyembah kepada Allah SWT. 

Namun kemudian ia durhaka dikarenakan menolak perintah Allah SWT untuk sujud kepada nabi Adam AS. Diceritakan penolakan tersebut merupakan salah satu bentuk kesombongan yang mereka miliki, karena mereka merasa mulia daripada Adam yang tercipta dari tanah dan sedangkan ia tercipta dari api. Setan juga disebut dengan nama tagut (thaghut), sebagaimana Allah SWT berfirman,

اَلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا يُقَاتِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۚ وَالَّذِيْنَ كَفَرُوْا يُقَاتِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ الطَّاغُوْتِ فَقَاتِلُوْٓا اَوْلِيَاۤءَ الشَّيْطٰنِ ۚ اِنَّ كَيْدَ الشَّيْطٰنِ كَانَ ضَعِيْفًا ۚ ࣖ ٧٦

Artinya: "Orang-orang yang beriman berperang di jalan Allah dan orang-orang yang kufur berperang di jalan tagut. Perangilah kawan-kawan setan itu. Sesungguhnya tipu daya setan itu lemah." (QS An-Nisa: 76)

BACA JUGA:Amalan dari Alquran yang Dapat Mengundang Rezeki dari Segala Arah, Apa Kamu Sudah Tahu?

Pada akhirnya setan diberi nama iblis karena telah membangkang dan berputus asa dari rahmat Allah SWT. Nama sebelum durhaka adalah azazil. Wallahu a'lam. Selamanya ia berjanji akan menyesatkan manusia dan menjadi musuh manusia hingga kiamat tiba. Namun ada sejumlah golongan orang yang ditakuti oleh setan.

1. Orang yang Takut pada Allah

Allah SWT berfirman dalam Alquran surah Ali Imran ayat 175, dalam ayat tersebut diceritakan bahwasanya setan akan takut kepada orang-orang yang takut kepada Allah SWT.

اِنَّمَا ذٰلِكُمُ الشَّيْطٰنُ يُخَوِّفُ اَوْلِيَاۤءَهٗۖ فَلَا تَخَافُوْهُمْ وَخَافُوْنِ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ ١٧٥

Artinya: "Sesungguhnya mereka hanyalah setan yang menakut-nakuti (kamu) dengan teman-teman setianya. Oleh karena itu, janganlah takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu orang-orang mukmin."

Selain itu dalam sebuah hadis juga dijelaskan bahwasanya Allah SWT akan memberikan rasa takut kepada setiap makhlukNya yang apabila ia merasa takut kepada Allah SWT. "Barang siapa takut kepada Allah, Allah menjadikan segala sesuatu takut kepadanya. Barang siapa yang tidak takut kepada Allah, Allah menjadikannya takut kepada segala sesuatu." (HR Baihaqi)

BACA JUGA:Merinding, Ini 4 Suku Gaib di Indonesia yang Penuh Misteri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: