5 Golongan Orang yang Paling Ditakuti Setan, Kamu Termasuk Salah Satunya?

5 Golongan Orang yang Paling Ditakuti Setan, Kamu Termasuk Salah Satunya?

5 Golongan Orang yang Paling Ditakuti Setan, Kamu Termasuk Salah Satunya?--

RADARUTARA.ID- Sesungguhnya setan dan iblis merupakan musuh yang nyata bagi umat manusia, mereka akan senantiasa terus menggoda manusia untuk jatuh ke dalam jurang kesesatan dan membangkang kepada Allah SWT hal tersebut sebagaimana janji mereka yang tertulis di dalam sebuah Alquran surah al-hijr ayat 39 yang berbunyi:

قَالَ رَبِّ بِمَآ اَغْوَيْتَنِيْ لَاُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِى الْاَرْضِ وَلَاُغْوِيَنَّهُمْ اَجْمَعِيْنَۙ 

Artinya: "Ia (Iblis) berkata, "Tuhanku, karena Engkau telah menyesatkanku, sungguh aku akan menjadikan (kejahatan) terasa indah bagi mereka di bumi dan sungguh aku akan menyesatkan mereka semua,"

Meskipun mereka telah berjanji untuk menyesatkan manusia namun ada beberapa golongan manusia yang mereka takuti dan tidak dapat mereka goda, lalu golongan apa sajakah mereka berikut ini akan dibahas secara tuntas dalam artikel berikut ini diantaranya: 

1. Orang yang Takut kepada Allah SWT

Golongan pertama orang yang ditakuti oleh jin dan setan adalah seseorang yang takut kepada Allah SWT, dengan ketakutannya tersebut ia senantiasa berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT sehingga para setan tidak dapat mendekati ataupun untuk. Dalam sabda nabi Muhammad SAW dijelaskan bahwasanya: 

"Barangsiapa takut kepada Allah, Allah menjadikan segala sesuatu takut kepadanya. Barangsiapa yang tidak takut kepada Allah, Allah menjadikannya takut kepada segala sesuatu." (HR Baihaqi)

Sayyid Quthb juga memaparkannya dalam Tafsir Fi Zhilalil Qur'an. Menurutnya, manusia tidak perlu takut kepada setan dan teman-temannya. Dan yang patut ditakuti hanyalah Allah SWT. Hal ini sebagaimana kalam-Nya dalam Surat Ali Imran ayat 175, Dia berfirman:

اِنَّمَا ذٰلِكُمُ الشَّيْطٰنُ يُخَوِّفُ اَوْلِيَاۤءَهٗۖ فَلَا تَخَافُوْهُمْ وَخَافُوْنِ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ - 175

Artinya: "Sesungguhnya mereka hanyalah setan yang menakut-nakuti (kamu) dengan teman-teman setianya. Oleh karena itu, janganlah takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu orang-orang mukmin."

BACA JUGA:6 Penyebab Rambut Patah dan Cara Mengatasinya Tanpa Gunakan Bahan Kimia yang Membahayakan

2. Orang yang Mukhlas

Dituliskan di dalam buku yang berjudul melihat Allah di dunia dan di surga yang ditulis oleh Agus Sahid Khairani, menjelaskan bahwasanya seseorang yang ditakuti oleh setan adalah seseorang yang mukhlas mukhlas merupakan orang yang hatinya bersih dan suci. 

Dalam Alquran surah al-hijr ayat 39-40 Allah berfirman yang berbunyi: 

قَالَ رَبِّ بِمَآ اَغْوَيْتَنِيْ لَاُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِى الْاَرْضِ وَلَاُغْوِيَنَّهُمْ اَجْمَعِيْنَۙ  

Artinya. Ia (Iblis) berkata, “Tuhanku, oleh karena Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, aku pasti akan jadikan (kejahatan) terasa indah bagi mereka di bumi, dan aku akan menyesatkan mereka semuanya,

اِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِيْنَ 

Artinya.  kecuali hamba-hamba-Mu yang terpilih di antara mereka.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: