Kenapa Saat Maghrib Tiba, Pintu dan Jendela Rumah Harus Ditutup? Ternyata Ini Alasannya

Kenapa Saat Maghrib Tiba, Pintu dan Jendela Rumah Harus Ditutup? Ternyata Ini Alasannya

Kenapa Saat Magrib Tiba, Pintu dan Jendela Rumah Harus Ditutup? Ternyata Ini Alasannya--

RADARUTARA.ID- Di dalam ajaran agama Islam, dianjurkan menjelang Maghrib, pintu dan jendela rumah harus ditutup dan mengajak seluruh anggota keluarga agar tidak berkeliaran diluar. 

Diungkapkan dalam hadist dari Jabir bin Abdillah RA, yang mengatakan Rasulullah SAW bersabda jika masuk waktu sore saat matahari tenggelam sampai Magrib, adalah waktu dimana setan berkeliaran diluar. Dengan menutup pintu dan jendela maka akan membuat setan tidak dapat masuk ke dalam rumah. 

"Jika masuk awal malam - atau beliau mengatakan: jika kalian memasuki waktu sore - maka tahanlah anak-anak kalian karena setan sedang berkeliaran pada saat itu. jika sudah lewat sesaat dari awal malam, bolehlah kalian lepaskan anak-anak kalian. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah karena setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup." (HR Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Jangan Kaget! Pemkot Bengkulu Resmi Terapkan Tarif Parkir Terbaru

Sementara menurut tafsir dari Muhammad Fuad Abdul Baqi dalam Al-Lu'lu' wal Marjan 3 seperti yang dikutip dari detikHikmah pada Senin (11/3/2024), kalimat kegelapan datang dalam hadits tersebut merujuk pada waktu malam atau awal munculnya kegelapan. Demikian juga kalimat kalian berada pada petang hari artinya saat memasuki waktu sore.

Setan yang berkeliaran saat Maghrib sebenarnya tengah mencari tempat perlindungan dari setan yang lebih kuat. Saking ketakutannya mereka, kecepatan bergerak setan akan melebihi kecepatan manusia.

Imam Ibnu Abdilbarra dalam Al Istidzkar juga menambahkan alasan adanya perintah untuk menutup pintu-pintu rumah pada malam hari adalah upaya penjagaan diri dari gangguan setan dan jin. Hadits tersebut juga mengabarkan tentang nikmat Allah SWT atas hamba-hambanya dari manusia.

"Jika setan tidak diberi kekuatan untuk membuka pintu atau wadah, maka ia tidak akan mampu melakukannya. Walaupun ia diberi kekuatan yang lebih besar dari itu, yaitu menembus dan masuk dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh manusia," sebut keterangan Imam Ibnu Abdilbarra yang diterjemahkan oleh Syaikh Abdullah bin Hamoud Al Furaih dalam buku Sunnah Rasulullah Sehari-hari.

BACA JUGA:Orang Tua Cepat Amalkan, Ini Bacaan Doa Agar Anak Jadi Rajin Belajar dan Cerdas

Tapi, apabila saat Magrib ada yang bertamu atau kamu perlu keluar rumah karena ada hal yang membahayakan di dalam rumah, Anda boleh membuka pintu atau jendela rumah.  

Sebagai informasi tambahan, apa bila kondisi mendesak yang mengharuskan Anda membuka pintu rumah saat Magrib. Anda, bisa membaca doa meminta perlindungan Allah SWT. 

"A'uudzubillaah himinas syaitoon nirrojiim."

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk."

Ternyata selain pintu rumah dan jendela, menurut Hadist riwayat Ahmad saat malam tiba lampu-lampu rumah sebaiknya dimatikan dan penutup makanan di meja makan juga sebaiknya ditutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: