6 Penyebab Rambut Patah dan Cara Mengatasinya Tanpa Gunakan Bahan Kimia yang Membahayakan

6 Penyebab Rambut Patah dan Cara Mengatasinya Tanpa Gunakan Bahan Kimia yang Membahayakan

6 Penyebab Rambut Patah dan Cara Mengatasinya--

RADARUTARA.ID- Masalah rambut seperti rambut patah tentunya sangat mengganggu dan terkadang cukup memalukan. Untuk penyebab rambut patah ada beragam sekali, salah satunya karena perawatan yang sembarangan atau bahkan menggunakan produk yang tidak cocok secara berlebihan sehingga menyebabkan kerusakan pada rambut. 

Kondisi tersebut tentunya sangat menggangu terutama ketika hendak beraktivitas, sebab dapat membuat rambut tampak seperti kering dan tidak mandi, hal itu sangat mempengaruhi penampilan. Selain itu rambut yang kering dah patah bisa menimbulkan masalah serius lainnya seperti rambut rontok, tentunya apa bila di biarkan akan menimbulkan kebotakan. 

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan rambut patah, antara lain:

1. Perawatan rambut yang salah

Penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia keras, seperti pewarna rambut, pelurus rambut, dan pengeriting rambut, dapat melemahkan struktur rambut dan membuatnya lebih mudah patah.

BACA JUGA:Taman Merdeka, Tempat Nongkrong Asyik di Manna Bengkulu Selatan

2. Kebiasaan menyisir rambut yang kasar

Menyisir rambut terlalu sering atau dengan sisir yang kasar dapat menyebabkan kerusakan pada batang rambut dan membuatnya lebih mudah patah.

3. Penggunaan alat penata rambut dengan panas

 Alat penata rambut seperti hair dryer, catokan, dan curling iron dapat membuat rambut kering dan rapuh, sehingga lebih mudah patah.

4. Kekurangan nutrisi

Kekurangan vitamin dan mineral tertentu, seperti biotin, zat besi, dan vitamin B12, dapat menyebabkan rambut menjadi lemah dan mudah patah.

5. Stres

Stres berat bisa mengakibatkan kerusakan pada rambut dan munculnya kondisi yang disebut telogen effluvium. Situasi atau stres yang intens dapat menyebabkan akar rambut memasuki tahap istirahat dari siklus pertumbuhan rambutnya lebih awal dari biasanya, sehingga rambut rontok dari kulit kepala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: