Simak, Ini Jenis-jenis Gajah yang Ada di Indonesia

Simak, Ini Jenis-jenis Gajah yang Ada di Indonesia

Simak, Ini Jenis-jenis Gajah yang Ada di Indonesia--

RADARUTARA.ID - Gajah merupakan mamalia besar dari famili Elephantidae dan ordo Proboscidea.

Secara tradisional, ada dua spesies yang diakui, yakni gajah afrika dan gajah asia. Meskipun beberapa bukti menunjukkan kalau gajah semak afrika dan gajah hutan afrika adalah spesies yang berbeda.

Gajah tersebar luas di seluruh Afrika sub-Sahara, Asia Selatan, hingga Asia Tenggara. Elephantidae merupakan satu-satunya famili dari ordo Proboscidea yang masih ada, famili lain yang sekarang ini sudah punah, seperti mamut dan mastodon.

Gajah mempunyai ciri-ciri khusus, dan yang paling mencolok yaitu bagian belalai atau proboscis yang digunakan untuk berbagai hal, termasuk untuk bernapas, menghisap air, serta mengambil benda. 

Gigi serinya tumbuh menjadi taring yang bisa digunakan sebagai senjata dan alat untuk memindahkan benda ataupun menggali. Daun telinganya yang besar dapat membantu mengatur suhu tubuh mereka. Gajah afrika mempunyai telinga yang lebih besar dan punggung yang cekung, sedangkan telinga gajah asia lebih kecil dan punggungnya yang cembung.

BACA JUGA:Mengenal Gajah Borneo, Ukurannya Kerdil dan Cuma Ada di Kalimantan Saja!

Berikut ini ada Beberapa Jenis Gajah Yang Hidup di Indonesia, diantaranya:

1. Gajah Sumatera

Adalah subspesies dari gajah Asia. Selain itu, Gajah Sumatera menjadi mamalia yang memiliki ukuran tubuh terbesar di Nusantara. Ciri khas fisik gajah yaitu terletak di belalai dan gadingnya.

Gajah Sumatera jantan mempunyai gading yang lebih pendek dikelasnya, sedangkN Gajah Betina Sumatera lebih unik lagi lantaran mempunyai gading yang sangat pendek. Kalau kamu melihat secara sekilas, akan terlihat seperti gading tersebut bersembunyi di balik bibir atasnya.

Gajah Sumatera termasuk dalam golongan satwa yang terancam punah (endangered) pada daftar merah spesies terancam oleh Lembaga Konservasi Dunia IUCN. Ada banyak hal yang memicu kepunahannya, seperti serangan liar dalam hutan, pembebasan lahan untuk area perkebunan dan pembangunan, hingga pembantaian yang dilakukan manusia lantaran menganggap hewan ini sebagai musuh yang terkadang memasuki pemukiman masyarakat.

BACA JUGA:Bukan Selingkuh, Oknum Kades Diduga Naksir Anak ABG

2. Gajah kalimantan

Gajah kalimantan atau Elephas maximus borneensis merupakan subspesies dari gajah asia dan bisa ditemukan di Kalimantan Utara dan Sabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: