Ketahui, Ini 5 Jenis Gajah Purba dengan Wujud yang Unik dan Berbeda

Ketahui, Ini 5 Jenis Gajah Purba dengan Wujud yang Unik dan Berbeda

Ketahui, Ini 5 Jenis Gajah Purba dengan Wujud yang Unik dan Berbeda--

RADARUTARA.ID - Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar kata gajah? Pasti kamu akan langsung terbayang dengan hewan yang berukuran besar dengan telinganya yang lebar dan gadingnya yang panjang.

Pada zaman dahulu diperkirakan ada sekitar 350 spesies gajah di bumi ini, namun hampir semuanya punah, kecuali gajah Afrika dan Asia.

Dari banyak ya spesies yang sudah punah tersebut, ada beberapa gajah purba yang mempunyai wujud yang unik dan berbeda dengan gajah yang kita kenal saat ini. Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini:

BACA JUGA:Mengenal Gulai Kemba'ang, Sajian Sedap untuk Makan Siang Khas Bengkulu

1. American Mastodon

Spesies ini dulunya menghuni benua Amerika. Habitatnya tersebar luas dari Amerika Utara, terdiri dari Alaska, pesisir timur Amerika Serikat sampai Meksiko.

Diperkirakan, mereka hidup pada era Paleogen, kurang lebih 30 juta tahun lalu. Saat ini kamu cuma bisa melihat kerangkanya saja.

2. Amebelodon

Ciri khas yang paling menonjol dari Amebelodon yaitu gading bagian bawah yang berbentuk mirip dengan sekop. Dua gading ini memiliki bentuk yang rata, pipih dan berdekatan.

Habitat jenis gajah ini berada di wilayah semi-akuatik dan rawa-rawa di Amerika Utara.

Gajah Amebelodon hidup pada era Miosen Akhir, antara 10 juta sampai 6 juta tahun yang lalu.

BACA JUGA:Apa Kamu Pengidap Insomnia dan Maag Kronis? Tak Perlu Ke Dokter, Segera Atasi dengan Daun Sirsak

3. Mammoth berbulu

Jika kamu pernah menonton film animasi Ice Age, kamu pasti akan mengenali Manny dan Ellie, mammoth berbulu yang akhirnya menjadi sepasang suami dan istri. Namun sayangnya, sekarang kita cuma bisa menemui fosilnya di museum saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: