Tak Banyak yang Tahu, Berikut Manfaat Air Rebusan Lengkuas Bagi Kesehatan, Asal Diolah Seperti Ini

Tak Banyak yang Tahu, Berikut Manfaat Air Rebusan Lengkuas Bagi Kesehatan, Asal Diolah Seperti Ini

Tak Banyak yang Tahu, Berikut Manfaat Air Rebusan Lengkuas Bagi Kesehatan, Asal Diolah Seperti Ini--

RADARUTARA.ID - Lengkuas adalah tanaman yang kerap dijadikan sebagai bumbu dapur dan ramuan tradisional di banyak negara, terutama di Tanah Air.

Diketahui, bumbu dapur yang satu ini mengandung minyak atsiri yang akan muncul kalau rimpang lengkuas diiris atau ditumbuk.

Sedangkan, ada yang berpendapat bahwa lengkuas mengandung senyawa kimia, yang terdiri dari Minyak terbang, Eugenol, Seskuiterpen, Pinen, Metil sinamat, Kaemferida, Galangan, Galangol, dan Kristal kuning.

Kandungan-kandungan itu menjadikan lengkuas sebagai tanaman yang mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan, dan salah satu cara yang terkenal untuk memanfaatkan lengkuas yaitu dengan membuat air rebusan.

BACA JUGA:Paling Ampuh! Begini Resep Atasi Batuk dan Pilek ala dr Zaidul Akbar, Mudah Untuk Ditiru!

Berikut ini merupakan manfaat dari air rebusan lengkuas, tata cara membuatnya. 

Adapun Manfaat Air Rebusan Lengkuas diantaranya:

1. Antiinflamasi Alami

Air rebusan lengkuas mengandung senyawa-senyawa aktif diantaranya gingerol dan galangal, yang mempunyai sifat antiinflamasi alami.

Dengan mengonsumsi air rebusan lengkuas diyakini bisa membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang bisa mengurangi risiko penyakit kronis mulai dari penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

2. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Lengkuas sendiri sudah dikenal sejak lama sebagai obat tradisional bagi masalah pencernaan. Air rebusannya bisa membantu meredakan mual, muntah, dan perut kembung.

Bahkan, air rebusan ini juga bisa merangsang produksi enzim pencernaan, mendukung proses pencernaan makanan menjadi lebih baik.

BACA JUGA:Bukan Berikan Amplop Uang, Pria Ini Malah Berikan Surat Izin Saat Makan di Hajatan, Alasannya Bikin Haru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: