Umat Muslim Wajib Tahu Perbedaan Takdir Mubram dan Takdir Muallaq

Umat Muslim Wajib Tahu Perbedaan Takdir Mubram dan Takdir Muallaq

Perbedaan Takdir Mubram Dan Takdir Muallaq.--

RADARUTARA.ID - Dalam ajaran Islam terdapat takdir mubram dan takdir muallaq takdir adalah ketetapan yang datangnya dari Tuhan dan tak akan ada manusia yang bisa menghindarinya.

Selain itu takdir juga dikenal dengan sebutan qada dan qadar. Iman kepada takdir Allah subhanahu wa ta'ala atau qada dan qadar merupakan rukun iman yang keenam. Dan setiap umat Islam wajib untuk mengimaninya.

Qadha merupakan ketetapan Allah subhanahu wa ta'ala, sebelum manusia itu dilahirkan. Sedangkan Qadar merupakan ketetapan yang tengah ataupun sedang terjadi. Takdir qadha dan qadar Allah subhanahu wa ta'ala dibagi menjadi dua yaitu takdir mubram dan takdir muallaq.

BACA JUGA:4 Takdir Manusia yang Telah Ditetapkan Sejak Masih Dalam Kandungan

Takdir mubram merupakan takdir yang telah ditentukan oleh Allah subhanahu wa ta'ala secara pasti dan mendasar bagi setiap makhluk. Hal tersebut tertera di dalam Alquran surah Annisa ayat 78 yang berbunyi:

اَيْنَ مَا تَكُوْنُوْا يُدْرِكْكُّمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِيْ بُرُوْجٍ مُّشَيَّدَةٍ ۗ وَاِنْ تُصِبْهُمْ حَسَنَةٌ يَّقُوْلُوْا هٰذِهٖ مِنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۚ وَاِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَّقُوْلُوْا هٰذِهٖ مِنْ عِنْدِكَ ۗ قُلْ كُلٌّ مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۗ فَمَالِ هٰٓؤُلَاۤءِ الْقَوْمِ لَا يَكَادُوْنَ يَفْقَهُوْنَ حَدِيْثًا

Artinya: "Di mana pun kamu berada, kematian akan mendatangimu, meskipun kamu berada dalam benteng yang kukuh. Jika mereka (orang-orang munafik) memperoleh suatu kebaikan, mereka berkata, "Ini dari sisi Allah" dan jika mereka ditimpa suatu keburukan, mereka berkata, "Ini dari engkau (Nabi Muhammad)." Katakanlah, "Semuanya (datang) dari sisi Allah." Mengapa orang-orang itu hampir tidak memahami pembicaraan?"

Diantara takdir mubram contoh-contohnya adalah seperti ajal manusia, kejadian kiamat, jodoh, kelahiran manusia. Yang kesemuanya itu telah ditetapkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

BACA JUGA:12 Makanan yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Wajib Masukkan Dalam Daftar Menu Sehari-hari

Sementara takdir muallaq merupakan takdir yang sangat dipengaruhi oleh usaha manusia itu sendiri. Namun walaupun demikian dalam pelaksanaannya takdir ini dilakukan sesuai dengan hukum sebab akibat.

Oleh sebab itulah takdir muallaq bisa berubah-ubah sesuai dengan usaha maupun doa dari seorang hamba. Hal tersebut tertera di dalam Alquran surah ar-ra'd ayat 11 yang berbunyi:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: "Baginya (manusia) ada (malaikat-malaikat) yang menyertainya secara bergiliran dari depan dan belakangnya yang menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka mengubah apa yang ada pada diri mereka. Apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, tidak ada yang dapat menolaknya, dan sekali-kali tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia."

BACA JUGA:Tips dari Google ini Sangat Ampuh Bantu Kamu Lacak Nomor HP Orang, Berikut Caranya

Adapun contoh dari takdir muallaq adalah sebagai berikut

1. Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: