5 Tanda Orang Meninggal dalam Keadaan Husnul Khatimah

5 Tanda Orang Meninggal dalam Keadaan Husnul Khatimah

5 Tanda Orang Meninggal Dalam Keadaan Husnul Khatimah--

RADARUTARA.ID- Setiap manusia memiliki takdir yang tidak dapat dicegah, salah satunya adalah tentang kematian. Sebagai makhluk hidup, semua manusia akan berhadapan dengan kematian dimanapun, dan kapanpun itu waktunya serta dalam kondisi seperti apa kita akan mati, semua tak ada yang mengetahui, selain Allah SWT.

Allah berfirman dalam Quran surat Al-Anbiya ayat 35 yang artinya : 

"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati, kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan yang sebenar-benarnya dan hanya kepada kamilah kamu dikembalikan,"

Sebagai manusia kita juga tidak bisa memundurkan waktu kematian kita yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Allah berfirman dalam Alquran surat al-a'raf ayat 34 yang artinya :

"Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu, maka apabila telah datang waktunya, mereka tidak dapat memundurkan barang sesaat pun dan tidak dapat pula memajukannya," 

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah kita saat meninggal nanti dalam keadaan khusnul khotimah, ataukah sebaliknya.

BACA JUGA:Banyak Ulama Wafat di Hari Selasa, Termasuk Mbah Moen, Apa Sih Istimewanya Hari Selasa?

Pada kesempatan kali ini saya ingin memaparkan tentang 5 tanda-tanda orang yang meninggal dalam keadaan husnul khotimah :

1. Orang yang sebelum meninggal melafalkan dua kalimat syahadat.

Dengan mengucapkan dua kalimat syahadat berarti kita dengan penuh kesadaran menjadi saksi bahwa nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah dan kita juga bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda :  "Barangsiapa yang pada hari akhir kalimatnya mengucapkan Laila HaillAllah maka ia dimasukkan ke dalam surga," H.R Abu Daud dan Al-Hakim.

Berdasarkan hadis tersebut diketahui bahwa, begitu istimewanya seseorang yang bisa mengucapkan dua kalimat syahadat, pada saat ia menghadapi sakaratul maut, orang tersebut akan dijanjikan masuk surga.

BACA JUGA:11 Orang Ini Akan Masuk Surga Tanpa Hisab, Salah Satunya, Istri yang Taat Kepada Suami

2. Orang yang meninggal dengan dahi yang berkeringat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: