12 Makanan yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Wajib Masukkan Dalam Daftar Menu Sehari-hari

12 Makanan yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Wajib Masukkan Dalam Daftar Menu Sehari-hari

12 Makanan Yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Wajib Masukkan Kedalam Daftar Menu Sehari-hari.--

RADARUTARA.ID - Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah masalah serius yang memerlukan perubahan gaya hidup yang tepat untuk mengendalikan dan menurunkan tekanan darah. Selain obat-obatan, olahraga, dan manajemen stres, pola makan juga memainkan peran penting dalam menjaga tekanan darah tetap stabil.

Terlalu banyak natrium dalam diet bisa menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. Sebaliknya, fokus pada asupan kalium dapat membantu menjaga tekanan darah dalam batas normal.

"Ketika kita mengonsumsi lebih banyak kalium, tubuh akan mengeluarkan natrium melalui urin," kata Sandy Younan Brikho, MDA, RDN, seorang ahli diet terdaftar dan pendiri The Dish on Nutrition. Kalium berperan dalam merilekskan pembuluh darah, sehingga membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:Ini 6 Mata Uang Terendah di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Inilah daftar makanan penurun tekanan darah tinggi yang kaya akan kalium yang dapat Anda konsumsi setiap hari:

1. Pisang

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu pisang mengandung sekitar 375 miligram kalium.

Pisang dapat dimakan langsung atau digunakan dalam smoothie, roti, atau makanan lainnya. Manfaat buah-buahan seperti pisang ini sangat baik untuk kesehatan terutama bagi penderita darah tinggi.

2. Labu

Berbagai jenis labu seperti acorn, butternut, hubbard, dan delicata mengandung kalium dalam jumlah besar. Labu dapat diolah sebagai isian, dipanggang, atau dimakan langsung. Atau bahkan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang tentunya menyehatkan bagi tubuh kita.

3. Bayam

Sayuran berdaun hijau, terutama bayam, merupakan sumber kalium yang sangat baik. Tidak hanya cocok untuk salad, bayam juga bisa dimasukkan dalam sup, semur, atau dijadikan jus. Dua porsi bayam mentah menyediakan sekitar 7 persen kebutuhan kalium harian, sementara 1 porsi bayam matang menyediakan sekitar 18 persen potasium.

BACA JUGA:Ada Hujan Uang Satu Kontainer, Warga Auto Ngumpul

4. Alpukat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: