Menelusuri Kekayaan Budaya Suku Masyarakat Jawa

Menelusuri Kekayaan Budaya Suku Masyarakat Jawa

Menelusuri Kekayaan Budaya Masyarakat Jawa : Budaya dan suku--

RADARUTARA.ID- Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman pulau, suku, Bahasa dan budaya, maka dari itu, Indonesia sendiri memiliki slogan ‘Bhineka Tunggal Ika’ yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu jua. Ada banyak sekali hal yang bisa kalian temukan di Indonesia dari segala sisi, mulai dari sisi Bahasa, budaya, kebiasaan, simbol-simbol dan lain sebagainnya. 

Saat ini anda sedang menelusuri dan menambah pengetahuan anda tentang budaya Masyarakat jawa. Kenapa bisa? Karena halaman ini akan menunjukkan keanekaragaman atau serba-serbi yang bisa anda temukan di pulau jawa. 

Mengenal keberagaman suku pulau jawa

Ada banyak sekali suku yang bisa anda temukan di pulau jawa. Bahasanyapun sedikit berbeda bahkan ada yang sangat berbeda antara jawa yang satu dengan jawa yang lain, tapi inilah keunikan yang bisa ditemukan, kita juga bisa sambil belajar beragam jenis bahasa.

BACA JUGA:Wajib Dicoba Walau Hanya Sekali, Petualangan Wisata Populer Terbaru di Dunia

Adapun beberapa suku dipulau jawa yang paling mencolok dan umum diketahui orang-orang. Mari kita bahas : 

1. Suku Sunda 

Suku ini berasal dari wilayah jawa barat, Bahasa yang mereka gunakan adalah Bahasa sunda. Mereka memiliki ciri khas dalam penuturan bahasanya, biasanya lebih kalem dan lembut. Seni yang terkenal di wilayah ini adalah tari jaipong, gamelan degung dan masih banyak lagi. 

 

2. Suku Jawa

Yang satu ini tetap disebut dengan suku jawa, Bahasa yang digunakan juga disebut Bahasa jawa dan suku ini terbagi lagi menjadi beberapa wilayah yaitu jawa Tengah dan jawa timur. Jawa Tengah menggunakan Bahasa yang lembut dan pelan, masih menjunjung tinggi kesultanan serta adat budayanya. 

Sedangkan jawa timur, bahasanya sedikit lebih tegas dan ada perbedaan sedikit dengan Bahasa khas jawa Tengah.

Kedua wilayah ini masih sama – sama menjaga tradisi adat dan budayanya wayang kulit, tari – tarian dan perayaan yang diadakan sesuai dengan prosedur jawa kental. 

BACA JUGA:Terbuka untuk Umum, Bawaslu Buka Pendaftaran Seleksi CPPPK 2023 di 2.598 Formasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: