Mitos Ratu Pantai Utara, Seorang Janda Patah Hati yang Ditolong Oleh Nyi Roro Kidul

Mitos Ratu Pantai Utara, Seorang Janda Patah Hati yang Ditolong Oleh Nyi Roro Kidul

Mitos Ratu Pantai Utara, Seorang Janda Patah Hati Yang Ditolong Oleh Nyi Roro Kidul--

RADARUTARA.ID - Dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang Dewi Lanjar seorang yang dipercaya oleh masyarakat sebagai ratu penguasa pantai Utara Jawa. Sama seperti Nyi Roro Kidul sebagai ratu pantai selatan. Legenda mengenai penguasa yang memegang seluruh garis pantai utara di pulau Jawa ini pun sangat dipercaya hingga saat ini.

BACA JUGA:Angker Tapi Penuh Pesona, 10 Pantai Ini Mempunyai Hubungan Erat Dengan Ratu Nyi Roro Kidul

Lalu siapakah Dewi Lanjar? Apa hubungannya dengan Nyi Roro Kidul?

Dirangkum dari berbagai sumber, nama asli Dewi Lanjar adalah Rara Kuning. Dalam bahasa Jawa, Lanjar adalah sebutan untuk seorang perempuan yang sudah berpisah dari suaminya dan belum punya anak.

Nama ini disematkan ke Rara Kuning karena kisah hidupnya yang sempat mengalami masa-masa berat. Bersumber dari buku Kanjeng Ratu Kidul dalam Perspektif Islam Jawa karangan Muhammad Sholikhin, kala itu, Rara Kuning adalah seorang putri yang cantik jelita dan sempat menikah dengan seorang pujaan hatinya.

BACA JUGA:Legenda Dewi Lanjar, Anak Buah Nyi Roro Kidul yang Menjadi Penguasa Pantai Utara Jawa

Tapi sayangnya, diusianya yang masih sangat muda, ia ditinggal pergi oleh suami untuk selama-lamanya. Patah Hati terberat dirasakan oleh Rara Kuning pasca kepergian sang suami.

Siang malam nama suaminya selalu terlintas dalam pikirannya. Setiap saat, ia selalu teringat dan terus teringat, sampai-sampai ia merasa beban hidupnya sangatlah berat.

 

Seiring berjalannya waktu, Rara Kuning atau Dewi Lanjar berpikir jika setiap waktu memikirkan suaminya terus akan berakibat buruk untuk dirinya dalam jangka panjang. Diapun berusaha untuk berdamai dengan keadaan. Sebagai upaya untuk berdamai dengan apa yang dialaminya, Rara Kuning memutuskan untuk pergi ke arah selatan.

 

Hari demi hari pun ia lalui. Tibalah Rara Kuning di tepian Sungai Opak, secara kebetulan ia bertemu dengan raja Mataram, Panembahan Senopati yang saat itu didampingi oleh Mahapatih Singoranu. Dalam pertemuan itu, sang dewi pun menceritakan tentang apa yang menjadi masalah hidupnya. Lalu raja Mataram memberi saran agar Rara Kuning  pergi ke pantai selatan untuk bertemu dengan Ratu Kidul.

BACA JUGA:Lebih Sakti, Inilah Wali Songo yang Berhasil Mengalahkan Nyi Roro Kidul

Sampai di pantai selatan, Rara Kuning melakukan pertapaan hingga mencapai moksa. Dirinya pun bertemu berhasil bertemu dengan Nyi Roro Kidul dan meminta agar diangkat menjadi bawahan sang ratu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: