Bukan Karena Nyi Roro Kidul, Tapi Ini Alasan Tak Boleh Pakai Baju Hijau di Pantai Selatan

Bukan Karena Nyi Roro Kidul, Tapi Ini Alasan Tak Boleh Pakai Baju Hijau di Pantai Selatan

Bukan Karena Nyi Roro Kidul, Tapi Ini Alasan Tak Boleh Pakai Baju Hijau di Pantai Selatan--

RADARUTARA.ID - Mitos yang menyebut bahwa tak boleh menggunakan baju warna hijau di Pantai Selatan memang sudah beredar luas di masyarakat. Mitos ini sendiri sangat erat dikaitkan dengan Nyi Roro Kidul yang juga dipercaya sebagai penguasa Pantai Selatan.

Konon katanya jika pengunjung menggunakan baju warna hijau maka akan di tarik oleh makhluk gaib untuk pergi ke istana Nyi Roro Kidul.

Akan tetapi ada fakta lain mengenai hal tersebut, hal ini karena warna hijau adalah warna spektrum laut. Air laut sendiri terlihat hijau karena terkena pantulan Substrat dasar laut berupa pecahan koral dan cangkang kerang berwarna putih.

BACA JUGA:Bukan Marlborough, Ini Benteng Pertama yang Dibangun Kolonial Inggris di Bengkulu

Hal ini bakal menyebabkan bahaya, karena jika pengunjung terseret oleh ombak maka akan sulit untuk ditemukan lantaran warga baju yang bakal sama dengan warna laut.

Sementara itu, dalam mitologi Jawa, Pantai Selatan Jawa identik dengan legenda Nyi Roro Kidul yang dianggap sebagai penguasa wilayah tersebut. Legenda ini menggambarkannya sebagai sosok ratu laut yang berparas cantik dengan kekuasaannya yang besar.

Selain Nyi Roro Kidul, nama Nyi Blorong juga banyak dikenal oleh masyarakat. Namun, ini menimbulkan pertanyaan apakah keduanya merupakan tokoh yang sama.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: