Berikut Cara Agar Buah Hati Mau Ikut Berpuasa Ramadan

Berikut Cara Agar Buah Hati Mau Ikut Berpuasa Ramadan

Cara jitu ajarkan anak kuat berpuasa Ramadan--

RADARUTARA.ID- Berpuasa merupakan salah satu kewajiban yang dilakukan oleh umat muslim. Puasa menurut istilah yaitu keadaan menahan diri dari lapar, dahaga, dan hawa nafsu dengan tidak makan, minum, serta melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Kegiatan puasa ini dimulai dari dikumandangkannya adzan subuh hingga adzan magrib tiba.

Maka dari itu kegiatan berpuasa ini harus ditanamkan pada anak-anak sejak usia dini. Karena jika anak sudah mulai terbiasa melakukan puasa dalam satu hari penuh, maka dia akan lebih siap ketika dewasa nanti. Selagi masih usia belia, sebagai orang tua harus mengajarkan serta melatih anak untuk belajar berpuasa.

Karena jika anak kita sudah mulai terbiasa dan memahami arti berpuasa, maka kedepannya akan memudahkan mereka dalam menjalankan puasa ditahnun-tahun berikutnya.

Berikut ini beberapa cara jitu yang bisa coba diajarkan kepada anak tentang kebiasaan puasa sejak dini.

1. Berpuasa Setengah Hari

Cara pertama yaitu dengan membiasakan anak untuk berpuasa setengah hari terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena anak kecil tidak bisa tiba-tiba menjalani puasa full selama satu hari penuh. Karena puasa satu hari akan mudah membuat dia kaget di awal dan tidak mau lagi belajar berpuasa.

Puasa setengah hari bisa dilakukan ketika mulai sahur hingga tengah hari, tepatnya ketika waktu makan siang tiba. Lakukan cara ini untuk beberapa kali dan lakukan secara bertahap. Tujuannya agar anak semakin terbiasa untuk berpuasa.

 

2. Mengajarkan Makna Puasa pada Anak

Sebagai anak kecil yang masih belum mengetahui banyak hal, tentu saja peran orang tua sangat dibutuhkan disini. Anak kecil harus diajarkan apa saja makna, manfaat, serta hikmah dari puasa yang sedang mereka jalani. Tak lupa juga untuk menjabarkan kebaikan apa saja yang dianjurkan untuk mereka lakukan selama berpuasa.

Selain mengajari makna, manfaat, serta hikmah dari puasa, jangan lupa untuk mengenalkan banyak hal kepada anak. Adapun contohnya seperti tradisi yang biasa dilakukan ketika bulan Ramadhan tiba. Tradisi-tradisi tersebut yakni, ngabuburit, tarawih, sahur, tadarus, bersedekah, melakukan zakat fitrah, ronda malam, dan masih banyak lagi.

 

3. Awali Dulu dengan Jenis Puasa Jajan

Anak kecil memang tidak pernah lepas dari kegemarannya dalam hal jajan makanan kesukaannya. Untuk melatih anak puasa sejak dini, cobalah praktekkan cara ini kepada mereka. Tujuannya agar mereka menjadi lebih terbiasa seiring perkembangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: