Berikut Cara Agar Buah Hati Mau Ikut Berpuasa Ramadan

Berikut Cara Agar Buah Hati Mau Ikut Berpuasa Ramadan

Cara jitu ajarkan anak kuat berpuasa Ramadan--

Cara yang satu ini cukup mudah untuk dilakukan, karena hanya melatih anak puasa dari jajan favorit mereka. Pertama, ketahui dulu makanan kesukaan mereka, lalu ingat apa saja makanan-makanan tersebut. Mulailah melatih anak berpuasa jajan dari yang mereka sukai, lakukan secara bertahap saja.

 

4. Menyiapkan Makanan Kesukaannya Ketika Berpuasa

Dalam satu hari penuh telah menjalankan ibadah puasa, hal terpenting yaitu momen berbuka puasa. Bagi anak kecil, mereka akan menantikan momen ini setelah satu hari berpuasa. Maka dari itu, siapkan menu makanan kesukaan mereka ke dalam menu buka puasa.

Tujuan dari cara ini yaitu supaya menumbuhkan semangat anak-anak, memberikan mereka penghargaan, serta motivasi puasa. Agar lebih menyenangkan, ajak mereka untuk ikut membantu menyiapkan menu buka puasa bersama kamu. Supaya mereka semakin termotivasi untuk bisa menyelesaikan puasanya selama satu hari penuh.

 

5. Menjadi Tauladan yang Baik Bagi Anak

Cara kelima ini yaitu ikut berkontribusi untuk menjadi contoh teladan yang baik bagi mereka. Seperti kata yang sering kita dengar, anak akan mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya. Dengan menjadi tauladan yang baik, kamu juga bisa melatih anak-anak untuk menyelesaikan  ibadah puasa mereka.

 

6. Jadikan Aktivitas Ngabuburit Menjadi Lebih Menyenangkan

Ngabuburit merupakan salah satu tradisi yang masih berkembang dan banyak dilakukan oleh orang-orang. Ngabuburit ini merupakan aktivitas yang dilakukan pada sore hari sebelum waktu buka tiba, tepatnya sekitar pukul tiga sore. Tujuannya selain untuk menantikan buka puasa, ngabuburit juga berfungsi sebagai pengalih perhatian.

Dengan menjalani ngabuburit, anak-anak akan teralihkan perhatiannya  dari makanan dan minuman sebelum berbuka. Sebagai contoh, ajaklah mereka berkeliling dengan berjalan kaki, melakukan suatu permainan yang seru, atau membaca Al-Qur’an. Jadikan ngabuburit menjadi momen menyenangkan bagi mereka.

 

7. Berikan Reward Ketika Lebaran

Cara terakhir yaitu dengan memberikan mereka penghargaan atas puasa yang telah dijalani selama satu bulan penuh. Tujuan hadiah ini agar mereka lebih termotivasi untuk belajar berpuasa lagi. Berikan hadiah yang menjadi kesukaan mereka seperti, mainan baru, baju baru, atau yang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: