Dorong Potensi Kopi Bengkulu

Dorong Potensi Kopi Bengkulu

DR E H Rosjonsyah--

BENGKULU RU.ID - Pemerintah Provinsi Bengkulu bakal terus mendorong dan melakukan strategi agar dapat memanfaatkan potensi komoditi kopi dengan baik. Terlebih selama ini kopi Bengkulu selalu dikirim ke luar negeri oleh para eksportir yang berasal dari luar Bengkulu, seperti Jakarta dan Lampung namun tidak masuk ke Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Mari kita bersama-sama berkolaborasi mengembangkan potensi kopi di Bengkulu. Sinergi antara pemerintah, pengusaha, dan petani akan menjadi kunci sukses untuk meningkatkan kualitas kopi Bengkulu. Pemerintah juga harus mulai mengambil kebijakan ekspor melalui pelabuhan terbesar di Bengkulu, yaitu Pulau Baai," ungkap Wakil Gubernur Bengkulu, Dr. E. H. Rosjonsyah.

Menurutnya, kopi Bengkulu sudah semakin dikenal luas. Bahkan kopi Bengkulu juga pernah meraih 3 prestasi di ajang kopi internasional di Perancis (AVPA).

"Produksi kopi Bengkulu saat ini juga menempati urutan kelima di skala nasional. Varian kopi Sumatera yang ada di Bengkulu memiliki potensi kopi yang menjanjikan," katanya.

Lebih jauh disampaikannya, dengan potensi ini hal pertama yang harus dilakukan bagaimana keberadaan komoditi ini dapat meningkatkan kesejahteran petani kopi.

"Maka dari itu investor dari luar agar kiranya ikut berperan dalam mengenalkan kopi Bengkulu. Sehingga kedepannya komoditi ini berdampak positif terhadap masyarakat," tutup Rosjonsyah. (tux)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: