Tingkatkan Kapasitas Parades, Pemdes Gembung Raya Gelar Pelatihan Website EBJ Siskeudes dan APPDESKEL

Tingkatkan Kapasitas Parades, Pemdes Gembung Raya Gelar Pelatihan Website EBJ Siskeudes dan APPDESKEL

Parades Gembung Raya mengikuti pelatihan--

NAPAL PUTIH, RADARUTARA.ID- Pemdes Gembung Raya, Kecamatan Napal Putih menggelar pelatihan bagi operator dan aparatur perangkat desa (Parades) pada Kamis (29/8) hari, ini.

Pelatihan yang digelar dengan mendatangkan nara sumber dari DPMD Bengkulu Utara dan Camat Napal Putih, ini meliputi pelatihan Website EBJ Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dan pelatihan APPDESKEL.

Sementara ikut hadir dalam rangkaian pelatihan, ini selain Parades diantaranya ada jajaran lembaga BPD, Kader Posyandu, PKK hingga pengurus RT di lingkungan Desa Gembung Raya.

Kades Gembung Raya, Suparno, mengungkapkan, tujuan dari kegiatan pelatihan Siskeudes ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan Parades dalam mengelola keuangan desa dengan menggunakan aplikasi Siskeudes.

BACA JUGA:Sambang ke Desa Air Simpang, Kapolsek Ketahun Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

BACA JUGA:Hari Ini BKSDA dan KPHK Bengkulu Tambah Perangkap Harimau untuk di Alas Bangun

Ini, disebabkan karena umumnya menurut Kades, operator desa bertanggung jawab penuh dalam pelaksanaan administrasi desa yang meliputi perencanaan, penganggaran, penatausahaan dan pembukuan.

Maka, kata Kades, untuk menunjang tugas-tugas tersebut dibutuhkan kemampuan dari seorang operator desa dalam mengoperasikan sistem Siskeudes.

"Untuk menunjang kinerja Parades khususnya operator desa maka diperlukan pelatihan seperti ini," terang Kades.

Selain mengikuti pelatihan Siskeudes, tambah Kades, Parades di lingkungan desanya juga berkesempatan untuk mengikuti pelatihan APPDESKEL.

BACA JUGA:Pimpinan PLN Mukomuko Temui Camat MSS, Berikut yang Dibahas

Dimana pelatihan, ini lebih fokus kepada peningkatan kemampuan Parades dalam pengisian data profil desa. 

"Ini adalah sistem aplikasi online yamg digunakan untuk mengumpulkan data tentang desa. Data-data yang dikelola yakni meliputi informasi dasar tentang keluarga, SDA, SDM, lembaga, infrastruktur dan isu-isu pembangunan lainnya," pungkasnya.

Diharapkan Kades, setelah dilaksanakannya pelatihan, ini roda pemerintahan di desa akan berjalan lebih mandiri dengan didukung oleh data yang lengkap, akurat sehingga desa bisa menyusun rencana pembangunan kedepan lebih efektif lagi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: