Demi Tingkatkan SDM Aparat Desa, Pemdes Kalbang Gelar Pelatihan Prodeskel

Demi Tingkatkan SDM Aparat Desa, Pemdes Kalbang Gelar Pelatihan Prodeskel

Perangkat Desa Kalbang ikuti pelatihan epdeskel--

RADARUTARA.ID- Bertempat di Kantor Desa setempat, Pemerintah Desa Kalbang Kecamatan Lais mengadakan pelatihan Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel), Selasa (28/5).

Kegiatan ini menghadirkan Narasumber dari DPMD BU, Fahmiriza, dan dihadiri oleh Kepala Desa Kalbang, Edi Susanto serta perangkat desa. Kegiatan ini merupakan tahapan yang dilakukan semua desa di setiap tahun dan menjadi agenda rutin tiap tahunnya, dengan harapan semua perangkat desa bisa semakin berkembang wawasannya.

Profil Desa adalah data dasar bagi desa karena dapat memberi gambaran secara menyeluruh tentang karakter desa itu sendiri baik meliputi data Keluarga, potensi SDA, SDM, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Topik Hangat: Apa Itu Tapera dan Berapa Besaran Iurannya?

Desa wajib mengisi data yang ada dalam aplikasi tersebut sesuai dengan keadaan di lapangan. Hasil dari isian tersebut yang akan dijadikan pedoman untuk penilaian oleh Pemerintah Kecamatan sebelum maju di tingkat Kabupaten. 

Fahmiriza selaku Narasumber dari DPMD Bengkulu Utara mengaku senang dengan adanya aplikasi ini. Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi Pemerintah Desa, baik untuk pelaporan maupun penilaian di desa sendiri.

"Dengan aplikasi ini kita jadi lebih mudah dalam mengukur kinerja Desa", ungkapnya.

Sementara itu Kades berharap semua perangkat desa bisa mengikuti proses pelatihan dengan baik dan bisa langsung menerapkan ilmu yang telah didapatkan.

“Melalui pelatihan ini, maka data prodeskel selanjutnya bisa selalu diinput secara online, sehingga pemerintah desa dapat mengetahui, juga melakukan evaluasi perkembangan desa. Apakah desa itu dengan status cepat berkembang, berkembang dan atau kurang berkembang,” ucap Edi Susanto selaku Kepala Desa Kalbang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: