Pemdes Suka Negara Tingkatkan Kapasitas Masyarakat untuk Sukseskan Program Ketahanan Pangan

Pemdes Suka Negara Tingkatkan Kapasitas Masyarakat untuk Sukseskan Program Ketahanan Pangan

Kegiatan pelatihan ketahanan pangan di Desa Suka Negara--

RADARUTARA.ID- Sejumlah program ketahanan pangan menjadi lokus Pemdes Suka Negara, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS), Kabupaten Bengkulu Utara dalam meningkatkan perekonomian dan menjamin kelangsungan hidup masyarakatnya melalui Dana Desa (DD) TA 2024.

Adapun, lokus kegiatan yang menjadi program unggulan Desa Suka Negara pada program ketahanan tahun, ini adalah sektor hewani dan sektor nabati.

"Kegiatan unggulan kita pada program ketahanan pangan tahun, ini meliputi kegiatan penggemukan sapi dan sayur-sayuran," ujar Pj Kades Suka Negara, Iin Sulasmi, Kamis (20/6).

Secara teknis kata Kades, khusus program ketahanan pangan berupa penggemukan sapi sebanyak 10 ekor yang nantinya akan dikelola oleh kelompok yang tersebar di 7 RT. Sedangkan untuk kegiatan sayur-sayuran di sektor nabati akan melibatkan dan dikelola oleh PKK desa.

"Tidak hanya kita berikan bantuan berupa bibit sapi dan sayuran, para kelompok dan PKK yang nantinya bertanggung jawab untuk mengelola program ketahanan pangan ini juga kita tingkatkan kapasitasnya dengan kita berikan pelatihan yang melibatkan nara sumber yang membidangi," tandasnya.

Diharapkan Kades, melalui kegiatan pelatihan tersebut para pelaku program ketahanan pangan dapat melaksanakan kegiatannya dengan baik dan mendapatkan hasil yang optimal.

"Kami harapkan nantinya hasil dari program ketahanan pangan ini bisa memberi dampak langsung dan jangka panjang untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat," pintanya.

Selanjutnya, Camat MSS, Abdul Hadi, S.IP, yang turut mengikuti dan membuka langsung jalannya pelatihan kegiatan program ketahanan pangan di Desa Suka Negara berharap, niat baik desa dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat lewat program ketahanan pangan ini bisa dilaksanakan dengan optimal.

"Kita berharap hasil dari pada program ketahanan pangan ini nantinya baik di sektor hewani dan nabati, bisa berlangsung secara berkesinambungan dalam jangka panjang dan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat," demikian Camat.

Turut hadir dalam kegiatan pelatihan program ketahanan pangan di Desa Suka Negara yakni, Camat MSS beserta Kasi PMD, tenaga PPL Pertanian MSS, Ketua dan anggota BPD Suka Negara, Ketua RT serta PKK di Desa Suka Negara. (Adv)


Sambutan Pj Kades Suka Negara--


Sambutan camat MSS--


Jalannya pelatihan program ketahanan pangan--


Foto bersama--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: