Demi Kemajuan Desa, Aparatur Desa Air Napal Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas IDM

Demi Kemajuan Desa, Aparatur Desa Air Napal Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas IDM

Demi Kemajuan Desa, Aparatur Desa Air Napal Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas IDM--

RADARUTARA.ID- Rabu (15/5) telah dilaksanakannya Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa dalam Pengoperasian Indeks Desa Membangun (IDM) untuk tahun 2024 yang bertempat di Aula Kantor Desa Air Napal.

Dimulai pukul 10.00 WIB, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Air Napal, Camat Air Napal, Kasi PMD, bhabinkamtibmas, PD, PLD, perangkat desa serta undangan lain.

Kepala Desa Air Napal, Agusalim, menyampaikan agenda Peningkatam Kapasitas ini ini dilaksanakan dengan melibatkan semua stakeholder guna membantu operator IDM di Desa dalam melakukan pengisian atau penginputan data-data baik itu data pendidikan, kesehatan, pertanian dan lain sebagainya hal itu disesuaikan dengan kondisi di Desa itu sendiri.

Selain itu, penginputan dan pengisian kuisoner di Indeks Desa Membangun juga bertujuan untuk mengetahui status suatu Desa apakah Desa tertinggal, berkembang, maju dan mandiri.

BACA JUGA:Dispendik Bengkulu Utara Larang Pihak Sekolah Bebankan Biaya Perpisahan dengan Wali Murid

Selain itu, dalam sambutannya Camat Air Napal, Amir Makhmud, SE, menyampaikan pentingnya kualitas data yang diinput kedalam IDM. 

"Jadi data riil yang di input nanti akan menentukan atau memberikan gambaran tentang status desa. Apakah termasuk desa sangat tertinggal, desa tertinggal, desa berkembang, maju atau masuk desa mandiri," jelas Camat.

Hadir sebagai narasumber dari Kabupaten Bengkulu Utara, Bambang Wijaya Kesuma, S.Pt, M.Ling dan diharapkan semua perangkat desa bisa melaksanakan tugas dengan baik, terutama dalam hal penginputan data.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: