Usia 17 Tahun Sudah Bisa Ajukan Pinjaman KUR di Pegadaian Tanpa Gunakan Jaminan

Usia 17 Tahun Sudah Bisa Ajukan Pinjaman KUR di Pegadaian Tanpa Gunakan Jaminan

Usia 17 Tahun Sudah Bisa Ajukan Pinjaman KUR di Pegadaian Tanpa Gunakan Jaminan--

RADARUTARA.ID- Program KUR di Pegadaian tanpa menggunakan jaminan. Menariknya lagi, program di tahun 2024 ini berlaku bagi WNI usia 17 tahun. KUR Pegadaian tidak menggunakan jaminan karena limit maksimal pinjaman hanya Rp 50 juta. Sesuai dengan Permenko Bidang Perekonomian Nomor 1 Tahun 2023, pinjaman KUR maksimal 100 juta tidak boleh pakai jaminan. 

Jaminan yang dimaksud dalam konteks pinjaman KUR, ini  di sebut sebagai agunan tambahan. Agunan tambahan ini dapat berupa tanah dan/atau bangunan atau kendaraan bermotor yang dijaminkan di lembaga pemberi pinjaman sebagai upaya untuk meyakinkan pemberi pinjaman agar pinjaman disetujui. 

Tapi, khusus pinjaman KUR, karena program ini adalah program Pemerintah dan bunganya disubsidi, untuk maksimal pinjaman Rp 100 juta tidak diperbolehkan memakai jaminan.  Maka agunan tambahan atau jaminan hanya boleh diberlakukan untuk pinjaman diatas Rp 100 juta sampai dengan maksimal pinjaman KUR yakni Rp 500 juta. 

BACA JUGA:Harga Sapi Ini Pecahkan Rekor Dunia, Bobotnya Capai 1.100 Kg

Tapi, karena pinjaman KUR di Pegadaian maksimal hanya Rp 50 juta, maka dipastikan sesuai aturan, KUR Pegadaian tanpa memerlukan jaminan.  Meski tidak membutuhkan jaminan, KUR Pegadaian tetap membutuhkan agunan pokok berupa usaha layak dan produktif, minimal sudah beroperasi selama 6 bulan. 

Usaha ini menjadi syarat wajib selain sebagai objek pembiayaan. Lokasi usaha juga tak boleh lebih jauh dari 5 Km dari Outlet Pegadaian tempat mengajukan pinjaman. 

Masih berkenaan dengan usaha yang harus dimiliki dan juga harus dibuktikan dengan Surat Keterangan Usaha atau Nomor Induk Berusaha yang diterbitkan oleh pejabat berwenang sesuai dengan ketentuan. 

BACA JUGA:Hati-hati! Hukuman Bagi para Pelaku Judi Online Semakin Berat

Minimal Usia 17 Tahun

Ada kebijakan menarik yang diambil pihak Pegadaian. Data yang berhasil dikumpulkan Nandai, rata-rata penyalur KUR 2024 menempatkan usia minimal 21 tahun sebagai syarat untuk mengajukan pinjaman KUR.  Namun Pegadaian mengambil langkah terobosan yakni memperbolehkan WNI usia minimal 17 tahun untuk mengajukan pinjaman KUR. 

Kendati demikian,  tetap ada syarat yang wajib dipenuhi seperti memiliki usaha yang layak, memiliki rumah tinggal tetap dan beberapa syarat lainnya.

Langkah Pegadaian yang membuka peluang kepada anak muda untuk meminjam KUR ini jika dimanfaatkan dengan baik akan melahirkan pengusaha-pengusaha muda sesuai dengan keahlian masing-masing.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: