Harga Sapi Ini Pecahkan Rekor Dunia, Bobotnya Capai 1.100 Kg

Harga Sapi Ini Pecahkan Rekor Dunia, Bobotnya Capai 1.100 Kg

Harga Sapi Ini Pecahkan Rekor Dunia, Bobotnya Capai 1.100 Kg--

RADARUTARA.ID- Catatan sejarah kembali di rilis oleh Guinness World Records. Seekor sapi tercatat memiliki harga termahal di dunia, yakni seharga 4 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 65 miliar.

Sapi termahal di dunia itu dalah Viatina-19 FIV Mara Moveis atau sering disebut sapi Viatina-19.

Dikutip dari AP News, sapi jenis Viatina-19 berasal dari Brasil dan memiliki bobot 1.100 kilogram, dua kali lipat lebih berat daripada bobot rata-rata sapi seusianya. Postur tubuh hewan itu besar dengan kulit seputih salju. Brazil diketahui merupakan negara eksportir sapi terbesar di dunia. Negara itu memiliki ratusan juta sapi yang diternakkan.

Tapi, kali ini harga sapi termahal di dunia itu berhasil mengalahkan rekor sebelumnya, bahkan tiga kali lipat lebih mahal.

Pemilik sapi Viatina-19 telah memasang dua papan reklame berisi pujian atas keunggulan hewan tersebut. Papan tersebut juga menyakinkan warga untuk melihat langsung sapi super unggul tersebut.

BACA JUGA:Warga Bengkulu Dapat Banyak Daging Kurban, Ini 4 Bahaya Mengkonsumsi Daging Kambing yang Berlebihan

Sapi termahal di dunia dikembangkan bertahun-tahun Pemilik sapi sapi Viatina-19, Ney Pereira mengaku, diperlukan waktu bertahun-tahun untuk mengembangbiakkan sapi tersebut. Dan ia, memastikan tidak akan menyembelih hewan mahal tersebut.

"Kami tidak menyembelih ternak elit. Kami sedang membiakkannya dan pada akhirnya, akan memberi makan seluruh dunia," tandasnya.

Di sejumlah acara lelang, sapi tersebut terjual dengan harga yang sangat tinggi. Tidak jarang, para pemilik peternakan harus rela patungan untuk berbagi kepemilikan hewan mamalia tersebut. Sapi-sapi pemenang lelang akan diambil sel telur dan air maninya untuk dijadikan embrio yang kemudian dibiakkan menjadi sapi-sapi super.

Harga sel telur Viatina-19 bisa mencapai 250.000 dollar AS atau sekitar Rp 4 miliar.

BACA JUGA:Ketahui 3 Ciri Haji Mabrur Berdasarkan Sabda Rasulullah SAW

Keunggulan Sapi Jenis Viatina-19

Salah seorang dokter hewan Lorrany Martins mengatakan, salah satu yang membuat sapi Viatina-19 memiliki harga yang fantastis adalah karena kemampuannya membentuk otot dalam jumlah yang besar dengan cepat. Hewan itu juga terbilang subur dan kerap melahirkan keturunan dengan gen yang sama dengan induknya.

"Dia adalah sapi yang paling mendekati kesempurnaan yang telah dicapai sejauh ini," ujar Martins, masih dari sumber yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: