Pecinta Touring Wajib Tahu, Ini 5 Posisi Berkendara Motor yang Tepat Agar Nyaman dan Tidak Cepat Lelah

Pecinta Touring Wajib Tahu, Ini 5 Posisi Berkendara Motor yang Tepat Agar Nyaman dan Tidak Cepat Lelah

Pecinta Touring Wajib Tahu, Ini 5 Posisi Berkendara Motor Yang Tepat Agar Nyaman Dan Tidak Cepat Lelah--

RADARUTARA.ID- Berkendara motor memang menyenangkan, tapi tahukah Anda bahwa posisi tubuh yang salah saat Berkendara dapat menyebabkan kelelahan, nyeri, bahkan kecelakaan? Menurut Instruktur Safety Riding Astra Honda Motor (AHM), Hendrik Ferianto, ada 5 posisi tubuh yang tepat saat Berkendara motor agar terhindar dari kelelahan dan kecelakaan:

1. Pandangan Lurus ke Depan

Hal ini merupakan hal paling dasar yang wajib dilakukan oleh pengendara motor. Hindari melihat ke arah lain dalam waktu lama, seperti melihat handphone atau spion, karena dapat mengganggu fokus dan keseimbangan. Cukup lirik sekilas untuk memastikan kondisi sekitar.

2. Pundak Rileks dan Santai

Posisi pundak yang kaku dan tegang dapat menyebabkan pegal dan kelelahan, terutama pada perjalanan jauh. Pastikan pundak Anda rileks dan tidak tegang saat berkendara. Lakukan peregangan ringan di bahu sesekali untuk membantu meredakan ketegangan.

BACA JUGA:Harga Bekas Motor Bebek Legendaris Satria Hiu Tembus Rp50 Juta, Meski Harga Selangit Namun Tetap Jadi Buruan

3. Posisi Tangan yang Nyaman dan Ergonomis

Posisi lengan idealnya membentuk sudut siku saat memegang stang. Hindari posisi tangan yang terlalu lurus atau tertekuk, karena dapat menyebabkan kelelahan pada lengan dan tangan. Seluruh jari tangan harus menggenggam gas dengan nyaman dan maksimal.

Saat mengerem, gunakan semua jari untuk menarik tuas rem dengan penuh, dan jangan hanya dua jari. Atur ketinggian stang agar sesuai dengan postur tubuh Anda, sehingga tangan tidak perlu menjangkau terlalu jauh atau terlalu dekat.

4. Posisi Pinggul dan Punggung yang Tegak dan Seimbang

Hindari posisi pinggul yang miring atau membungkuk seperti pembalap. Posisi ini tidak diperlukan untuk berkendara sehari-hari dan dapat menyebabkan kelelahan pada punggung dan pinggang. Duduklah tegak dengan punggung yang lurus dan bahu yang rileks. Posisi ini membantu menjaga keseimbangan dan kontrol motor yang lebih baik.

BACA JUGA:Petani Menjerit, Jatah Pupuk Subsidi Hanya 40 Kg Per Musim Tanam

5. Posisi Kaki Lurus ke Depan dan Tertutup

Posisi kaki yang lurus ke depan dan tertutup membantu menjaga keseimbangan dan mencegah kaki terserempet kendaraan lain. Untuk motor besar, pastikan kaki menempel pada bagian samping tangki bensin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: