Wajib Tahu, Ini Beragam Masalah yang Sering Terjadi Pada Ban Mobil

Wajib Tahu, Ini Beragam Masalah yang Sering Terjadi Pada Ban Mobil

Wajib Tau, Ini Beragam Masalah Yang Sering Terjadi Pada Ban Mobil --

RADARUTARA.ID- Salah satu komponen penting dalam berkendara dalam memperhatikan kondisi ban, oleh sebab itu sebelum mengemudi anda hari bisa mengetahui  penyebab masalah pada komponen ban mobil.

Berikut masalah yang kerap terjadi pada ban mobil dan cara mengatasinya :

1. Aus Spot

Masalah pertama yang sering sekali terjadi pada Ban Mobil adalah Aus Spot. Ciri-ciri ban mobil yang memiliki masalah ini adalah bentuknya mirip dengan lekukan pada bagian pinggir ban. Biasanya, masalah ini disebabkan oleh terjadinya selip pada bagian tapak ban.

Jika ada masalah ini pada ban mobil anda, tidak boleh untuk dianggap sepele pasalnya bisa menimbulkan dampak yang seriusn yakni menyebabkan kerusakan pada berbagai bagian, misalnya ball joint, bearing roda, tie rod end, dan sebagainya.

Untuk dapat mengatasi kerusakan ini dengan optimal, Anda bisa memeriksakan kondisi ban ke bengkel.

BACA JUGA:Tercatat Resmi, Ini 5 Buaya Terbesar di Dunia, Panjangnya Sampai 6,17 meter!

2. Aus Tidak Rata atau Irregular Wear

Masih sama, ban mobil aus selanjutnya adalah Aus tidak rata penyebabnya yaitu bisa jadi karena suspensi tidak bekerja dengan baik, spooring tidak seimbang atau tidak pas, dan tekanan angin pada ban tidak stabil (terlalu banyak atau terlalu sedikit).

Untuk mencegah terjadinya hal ini, maka Anda perlu memperhatikan dengan baik kondisi suspensinya, melakukan spooring secara rutin, serta memastikan kondisi tekanan angin.

3. Aus Berbulu

Masalah ban yang selanjutnya adalah aus berbulu. Biasanya, Anda dapat mengetahui jenis kerusakan ini ketika menyentuh bagian tapak ban, dari bagian dalam menuju ke bagian luar.

Umumnya, masalah ini disebabkan karena toe in yang kondisinya tidak tepat atau terlalu besar. Dampaknya, ban menjadi mudah selip dan menyebabkan gesekan pada tepak dalam.

Untuk mengatasi hal ini, maka Anda perlu memperhatikan kondisi toe in. Pastikan komponen tersebut sudah sesuai dan tidak mengganggu kinerja ban mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: