Camat Minta Desa Kolaborasi Bersama Masyarakat untuk Atasi Stunting

Camat Minta Desa Kolaborasi Bersama Masyarakat untuk Atasi Stunting

Kolaborasi Bersama Masyarakat untuk Atasi Stunting--

RADARUTARA.ID- Upaya pencegahan dan penanganan stunting terus menjadi konsen pemerintah pusat, daerah hingga ke desa.

Salah satu upaya konkret untuk mengoptimalkan langkah pencegahan dan penanganan stunting, ini adalah harus dilakukan identifikasi masalah, kolaborasi antar pemangku kepentingan, penyuluhan hingga edukasi. Dan langkah-langkah, itu dapat ditempuh oleh masing-masing desa lewat agenda rembuk stunting.

"Agar tujuan dan sasaran yang akan dicapai dalam pencegahan dan penanganan stunting ini diperlukan kolaborasi seluruh pihak, diantaranya dengan melaksanakan rembuk stunting. Lewat rembuk stunting, itu semua pihak bisa mengindetifikasi masalah yang terjadi dan menentukan langkah apa yang haru ditempuh. Sehingga kami mengimbau kepada seluruh desa, sebelum lebih jauh memberikan dukungannya dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting, ini harus melakukan rembuk stunting lebih awal," ujar Camat Napal Putih, Bambang Abdul Mutalib, kepada radarutara.id Senin (29/4).

BACA JUGA:Bukan 58 Tahun, Ini Batas Usia Pensiun PNS yang Resmi Dirombak Jokowi

Ditegaskan Bambang, rembuk stunting adalah upaya kolaboratif yang melibatkan masyarakat, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dalam mengatasi stunting.

Dengan mengindentifikasi masalah secara spesifik, maka akan timbul perencanaan program yang tepat. Dan Bambang, menegaskan, setiap desa memiliki kewenangan untuk mengelontorkan anggaran dana desa (DD) untuk memberikan dukungan konkret terhadap upaya pencegahan stunting tersebut. 

"Partisipatif masyarakat, edukasi yang tepat sangat penting dalam mengatasi stunting. Lewat rembuk stunting, kita harapkan masyarakat bisa bekerjasama menuju generasi yang lebih sehat dan berkualitas. Dan kepada seluruh desa, tolong gunakan dan manfaatkan anggaran DD yang tersedia mendukung langkah-langkah pencegahan stunting yang harus dilakukan lewat kader-kader di desa," demikian Camat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: