Cukup Gunakan Bahan-bahan Sederhana Ini, Semut Bandel di Rumah Akan Hilang, Berikut Cara Mengaplikasikannya

Cukup Gunakan Bahan-bahan Sederhana Ini, Semut Bandel di Rumah Akan Hilang, Berikut Cara Mengaplikasikannya

Cukup Gunakan Bahan-bahan Sederhana Ini, Semut Bandel di Rumah Akan Hilang, Berikut Cara Mengaplikasikannya--

RADARUTARA.ID- Kehadiran gerombolan semut di rumah kerap membuat penghuninya terganggu alias jengkel. Karena hadirnya gerombolan semut, ini akan mengerubungi apapun yang ada di rumah, belum lagi bila mereka menggigit sampai menimbulkan gatal-gatal. 

Diungkapkan Nasional Wildlife Federation, ada lebih dari 12.000 spesies semut di seluruh dunia. Bahkan sebagian besar semut itu tidak berbahaya bagi manusia saja, tetapi juga akan membawa bakteri hingga berpotensi menjadi penyebar penyakit atau infeksi. Sebuah penelitian kecil di Tahun 2019 membuktikan, bahwa semut Monomorium dan membawa bakteri patogen yang berbahaya. 

Dilansir dari Kanal resmi Liputan6.com, pada Selasa 5 Maret 2024, biasanya semut akan masuk ke dalam rumah atau bangunan untuk kesehatan mencari makanan atau tempat berkembang biak. Untuk mengusirnya semut-semut, itu Anda disarankan tidak usah menggunakan bahan sederhana supaya tidak membahayakan lingkungan dan kesehatan manusia.

BACA JUGA:Jangan Panik, Ini Bacaan Doa agar Bayi Tidak Rewel dan Tidak Diganggu Makhluk Halus

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dicoba di rumah.

1. Boraks

Boraks (natrium tetraborat) adalah zat berbentuk tepung berwarna putih. Ini sering digunakan sebagai produk pembersih, pengemulsi, atau pengusir serangga. Cara menggunakannya sebagai berikut:

  • Kenakan sarung tangan pengaman.
  • Buat larutan 1/2 sendok teh (sdt) boraks, 8 sdt gula pasir, dan 1 gelas air hangat.
  • Aduk hingga gula dan boraks larut.
  • Rendam bola kapas dan letakkan di sekitar rumah Anda di tempat yang sering terlihat semut.

Setelah digunakan, cuci wadah secara menyeluruh. Sangat penting untuk menjauhkan boraks dari hewan peliharaan dan anak-anak karena dapat berbahaya.

2. Pembersih Kaca dan Deterjen Cair

Semut biasanya meninggalkan jejak feromon beraroma saat mereka berjalan. Menggunakan pembersih kaca dapat membantu menghilangkan bau dan mencegah semut masuk kembali ke rumah Anda. Berikut cara melakukannya:

  • Campurkan semprotan pembersih kaca dengan deterjen cair seperti sabun cuci piring ke dalam botol semprot bersih.
  • Semprotkan campuran tersebut pada area tempat semut masuk atau berkumpul.
  • Setelah penyemprotan, bersihkan area tersebut hingga meninggalkan sedikit residu.Ulangi langkah di atas sesering yang diperlukan.

Jika Anda tidak memiliki pembersih kaca, menggunakan air sabun apa pun (misalnya sabun tangan, deterjen piring) kemungkinan besar dapat menghilangkan bau feromon semut.

BACA JUGA:Rahasia Pengobatan Herbal dengan Kurma Ala Rasulullah, Ampuh Sembuhkan Berbagi Penyakit

3. Cuka Putih

Jika memiliki cuka putih di rumah, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengusir semut. Caranya adalah membuat larutan cuka dan air dengan perbandingan 1:1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: