Baik untuk Dikonsumsi, Ini 6 Makanan Kaya Serat untuk Atasi Sembelit

Baik untuk Dikonsumsi, Ini 6 Makanan Kaya Serat untuk Atasi Sembelit

Baik untuk Dikonsumsi, Ini 6 Makanan Kaya Serat untuk Atasi Sembelit--

RADARUTARA.ID - Jika kamu mengalami sulit BAB, jangan terburu-buru untuk mengkonsumsi obat pencahar sebagai jalan pintasnya. Faktanya, beberapa orang yang mengalami konstipasi ringan tidak membutuhkan obat-obatan. Sebagai pengobatan alami, kamu bisa memperbanyak mengkonsumsi makanan pelancar BAB yang kaya akan serat.

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan tinggi serat yang efektif dalam mengatasi sembelit:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau, contohnya ada bayam, kubis, dan brokoli, adalah makanan tinggi serat yang baik untuk kamu konsumsi ketima sembelit. Kandungan serat dalam sayuran hijau bisa menambah volume dan melunakkan tinja, sehingga tinja lebih gampang dikeluarkan dari usus.

BACA JUGA:9 Bank Diberi Sanksi karena Ketahuan Minta Agunan pada Program KUR, Diantaranya Ada BUMN

2. Buah apel

Apel mengandung serat larut air yang disebut dengan pektin. Saat mencapai usus, pektin dalam apel langsung diolah menjadi asam lemak yang bisa menarik air ke usus besar untuk melunakkan tinja. Bahkan, pektin juga bisa meningkatkan gerakan usus sehingga bisa mempercepat pengeluaran tinja.

3. Buah kiwi

Studi mengatakan bahwa mengonsumsi dua buah kiwi setiap hari sekitar 2 minggu bisa menghasilkan pergerakan usus yang lebih cepat dan tinja yang lunak. Hal ini karena adanya kandungan serat dan enzim aktinidin dalam kiwi yang memiliki manfaat untuk melunakkan tinja dan meningkatkan gerakan usus.

BACA JUGA:5 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan saat Sembelit Menyerang

4. Roti gandum utuh

Jika kamu suka makan roti, cobalah ganti roti kamu dengan roti gandum utuh. Dalam roti ini mengandung lebih banyak serat dan karbohidrat kompleks sehingga bisa memperlancar pencernaan dan melunakkan tinja. Jika kamu membeli roti kemasan, pastikan untuk memilih roti yang berlabel 100% gandum utuh.

5. Ubi jalar

Sama seperti apel, di ubi jalar juga terkandung pektin. Bahkan, ubi jalar juga mengandung banyak serat tidak larut dalam bentuk selulosa dan lignin. Kedua jenis serat ini bisa membantu pergerakan usus dengan cara menambah volume tinja sehingga bermanfaat untuk memperlancar BAB bagi penderita sembelit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: