Apa Kamu Sudah Tahu, Daun Jambu Air Sangat Baik untuk Tubuh, Termasuk untuk Ketombe dan Jerawat Bandel

Apa Kamu Sudah Tahu, Daun Jambu Air Sangat Baik untuk Tubuh, Termasuk untuk Ketombe dan Jerawat Bandel

Manfaat rebusan daun Jambu air untuk kesehatan--

RADARUTARA.ID - Jambu air, buah berbentuk lonceng yang melimpah di dataran Indonesia, tak hanya dikenal karena kelezatan buahnya yang segar. Ternyata, daun Jambu air juga menyimpan potensi kesehatan yang luar biasa. Manfaat daun Jambu air didukung oleh senyawa flavonoid yang menjadikan daun ini memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bermanfaat untuk tubuh.

Dengan ukuran yang jauh lebih besar daripada buahnya, daun jambu air memiliki panjang sekitar 15-20 cm dan lebar 4-6 cm, berwarna hijau dengan ujung tumpul dan pangkal bulat, sesuai informasi dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo. Mari kita eksplorasi lima manfaat luar biasa dari daun jambu air yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Bersifat Antimikroba

Menurut Jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity (2022), daun jambu air memiliki potensi sebagai antibakteri. Ekstrak daun jambu air teruji efektif melawan pertumbuhan bakteri seperti Staphylococcus aureus, S. dysenteriae, E. coli, Salmonella typhi, dan V. cholerae. Selain itu, daun ini dapat dikembangkan sebagai antijamur, memberikan solusi untuk masalah seperti keputihan dan ketombe.

BACA JUGA:Apa Kamu Tahu? Meski Berkhasiat Luar Biasa, 4 Kelompok Ini tak Dianjurkan untuk Minum Air Rebusan Daun Salam

2. Mencegah Penyakit Kronis

Senyawa flavonoid dalam daun jambu air memiliki sifat antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Kadar radikal bebas yang berlebih dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berkontribusi pada kerusakan jaringan dan dapat memicu penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, kanker, Alzheimer, dan Parkinson.

3. Mengatasi Peradangan dan Nyeri

Penelitian dalam Oxidative Medicine and Cellular Longevity menunjukkan bahwa daun jambu air mengandung senyawa yang dapat mengatasi peradangan dalam tubuh.

Selain itu, daun ini bersifat analgesik, membantu meredakan nyeri akibat cedera, sakit gigi, sakit kepala, radang sendi, dan kondisi lainnya, berkat kandungan flavonoid dan tanin yang memiliki efek antiinflamasi.

BACA JUGA:Kenapa Harimau Sumatera Turun ke Pemukiman dan Memangsa Ternak Warga? Ternyata ini Penyebabnya!

4. Mencegah Jerawat

Daun jambu air juga terbukti bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah jerawat. Sifat antijerawat, antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri dari daun ini efektif melawan mikroba penyebab jerawat, membantu mengurangi peradangan, serta bekas jerawat.

5. Berpotensi Menurunkan Kadar Gula Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: